Pembunuhan Ayah Kandung di Aceh Tengah Pelaku Terancam Penjara Seumur Hidup

rekonstruksi pembunuhan di Aceh Tengah

ACEH TENGAH, ACEHPORTAL.COM - Sat Reskrim Polres Aceh Tengah melakukan rekonstruksi pembunuhan terhadap Ridwansyah (55), warga Kecamatan Bintang, Aceh Tengah.

Polisi menghadirkan 4 tersangka berinisial AM, YH, SL dan HB yang merupakan istri dan anak kandung korban serta menantunya.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Hairadjadi melalui Kasat Reskrim, Iptu Agus Riwayanto Diputra mengatakan, dalam rekonstruksi pembunuhan ini para pelaku melakukan 44 adegan dengan disaksikan pihak Kejari Takengon dan sejumlah kuasa hukum tersangka bahkan ratusan warga sekitar.

"Kita siagakan sejumlah petugas di lokasi untuk melancarkan proses rekonstruksi. Salah satu adegan yakni dalam adegan ke 34, tersangka membalikkan badan korban serta menaruh kain sarung di atas tubuh korban," ujarnya Jumat (18/1/2019).

Ia menjelaskan, proses rekonstruksi pembunuhan itu pun berjalan lancar hingga selesai. Para pelaku itu, kata Agus, dijerat dengan Pasal 340 jo Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman penjara maksimal seumur hidup.

"Pembunuhan ini dilakukan dengan niat para pelaku yang sakit hati terhadap korban karena kerap bersikap kasar terhadap keluarganya, terutama istrinya yakni AM. Namun untuk pastinya keputusan hukuman nanti ada di pengadilan," jelasnya.

Usai proses rekonstruksi ini, tambah Kasat Reskrim, petugas selanjutnya melengkapi berkas untuk nantinya dilimpahkan ke pihak jaksa.

Sepeti diberitakan sebelumnya, pembunuhan ini terungkap awal bulan lalu setelah AM datang ke Mapolres Aceh Tengah dan mengaku telah membunuh suaminya bersama kedua anak dan menantunya.

Menerima informasi itu, petugas langsung mengamankan AM dan mencari keberadaan tersangka lainnya. Tersangka YH pun akhirnya ditangkap, sementara dua tersangka lain yakni SL dan HB ditangkap di Sumatera Utara setelah sempat buron.

Tulang belulang Ridwansyah pun ditemukan petugas di kawasan jurang yang sengaja dibuang oleh para pelaku untuk menghilangkan jejak.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...