Ribuan Rumah Terendam Banjir di Aceh Tenggara

Rumah Terendam Banjir di Aceh Tenggara

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Banjir dan longsor kembali melanda beberapa kecamatan di Aceh Tenggara sejak Selasa (15/1/2019) tadi malam. Ribuan rumah di sejumlah gampong di beberapa kecamatan itu pun direndam banjir.

Sejumlah gampong yang terdampak banjir yakni Gampong Natam Lama, Kecamatan Badar serta Gampong Kota Kutacane, Pulonas, Pulo Latong, Perapat Hulu, Perapat Titi Panjang, Kutacane Lama, Kutarih, Gumpang Jaya, Kecamatan Babussalam.

Lalu, Gampong Pulonas Baru, Lawe Rutung, Pasir Gala, Bahagia, Kuta Galuh Asli, Perapat Timur, Pasir Bacang Lade yang ada di Kecamatan Lawe Bulan serta Gampong Bambel, Lawe Kihing dan Bambel Gabungan yang ada di Kecamatan Bambel.

"Selain itu longsor juga terjadi di Kecamatan Ketambe yang menyebabkan badan jalan nasional Kutacane-Blangkejeren tidak bisa dilalui karena material longsor yang menutupi badan jalan," ujar Kalaksa BPBA, Ahmad Dadek, Rabu (16/1/2019).

Ia menjelaskan, banjir dan longsor ini terjadi karena intensitas hujan sedang hingga tinggi yang mengguyur kawasan itu sejak kemarin. Menurut laporan BPBD Aceh Tenggara, ada sekitar 1.765 unit rumah yang terendam dengan korban terdampak berjumlah 1.765 KK, 6.839 jiwa di masing-masing 4 kecamatan yang ada di wilayah itu.

"Hingga saat ini korban yang mengungsi berjumlah 42 kk (160 jiwa) yang masi berada di Pajak Dhuafa GamponG Bacang Lade, Kecamatan Lawe Bulan yang dijadikan sebagai titik bagi para pengungsi, hingga saat ini belum adanya korban jiwa," jelasnya.

Hingga kini, sambung Ahmad Dadek, wilayah yang tertimbun longsor pun sedang dalam proses pembersihan oleh BPBD dan Balai Jalan Nasional. Sedangkan di Kecamatan Badar tepatnya di Gampong Natam air luapan mulai surut dan jalur transportasi sudah dapat dilalui.

"Tim BPBD Aceh Tenggara sedang melakukan kaji cepat dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk tindakan selanjutnya," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...