CVR Lion Air Ditemukan, KNKT: Bila Kondisi Bagus, Download 1 Jam

Jumpa pers penemuan CVR Lion Air PK-LQP di atas KRI Spica/Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom

Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut download data cokcpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP membutuhkan waktu satu jam bila kondisinya baik. CVR ditemukan tim KNKT dan TNI AL di kedalaman 30 meter di perairan Karawang.

"Kalau kondisinya masih bagus mudah-mudahan kalau download hanya sekitar satu jam. Mudah-mudahan kita berhasil," ujar investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo di KRI Spica di perairan Karawang, Senin (14/1/2019) .

Pencarian CVR Lion Air dilanjutkan pada 8 Januari pekan lalu. KRI Spica mendeteksi CVR pada posisi koordinat 05 48 46,503 S - 107 07 36,728 T di perairan Tanjung Karawang.

"Ping-nya sebetulnya sampai 90 hari, tetapi dengan terlepasnya ini barangkali sudah ada pelemahan pada baterai sehingga menyulitkan kita untuk mencari. Tapi dengan seluruh usaha dan doa seluruh rakyat Indonesia jadi kita bisa mendapatkan ini," terang Ony.

Dalam pencarian CVR Lion Air, ada 18 orang tim penyelam dari Dislambair Koarmada dan 3 personel Kopaska melakukan penyelaman setelah posisi CVR terdeteksi.

Sekitar pukul 08.40 WIB penyelam atas nama Serda Satria Margono menemukan CVR Lion Air.

Sumber:detik.com
Rubrik:News

Komentar

Loading...