BKSDA Halau Gajah Liar di Seunagan Timur Nagan Raya

BKSDA halau gajah liar

NAGAN RAYA, ACEHPORTAL.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melalui Resor Konservasi Wilayah Meulaboh beserta Concervation Respon Unit (CRU) Alue Kuyuen bersama dengan instansi terkait melakukan penghalauan gajah liar di Nagan Raya.

BKSDA yang dibantu BPBD Kabupaten Nagan Raya, Koramil Sunagan Timur, beserta aparat Desa melakukan usaha penghalauan Gajah Liar diantara Desa Blang Tengku, Desa Kila, Desa Tuwi Meuleusong dan Desa Blang Lango Kecamatan Seunagan Timur.

Diawal Januari gajah liar turun di pemukiman warga, Gajah liar berjumlah satu ekor ini yang mondar mandir di pemukiman warga pada saat malam hari dan ketika pagi dan siang kembali ke hutan.

Berdasarkan informasi warga setempat gajah liar tidak pernah menggangu warga, akan tetapi hanya merusak dan memakan tanaman seperti kacang, jagung, perkebunan karet dan merusak beberapa pondok (jambo) kebun warga. Ada juga beberapa unit rumah kosong yang ditinggalkan warga dirusak oleh Gajah Liar di Desa Tuwi Meuleusong.

Petugas melakukan penghalauan dan proses Observasi selama sepekan sejak (8/1/2019). Informasi turunnya gajah liar di pemukiman berawal dari warga setempat yang melaporkan kepada petugas karena adanya gangguang gajah liar di desa mereka.

Adapun tindakan petugas di lapangan yaitu berkoordinasi, penelusuran jejak lalulintas, penghalauan menggunakan mercon dan monitoring dimalam hari. Dalam penghalauan Gajah liar ini petugas berhasil menghalau Gajah liar ke arah Hutan diperkirakan 5 s/d 7 km jauh dari pemukiman warga.

Petugas juga menyarankan kepada warga untuk selalu antisipasi terkait jika datang kembali gajah liar dan selalu menutup rapat bungkusan garam, pupuk dan lain lain dikarenakan Gajah liar kemungkinan mengincar garam dan pupuk.

Petugas Resor Meulaboh juga mensosialisasikan juga teknik penghalauan gajah liar dan penggunaan mercon yang benar supaya tidak terjadi accident, dan "kita berdoa bersama juga untuk supaya selalu jaga bersama Gajah nyaman di Habitatnya dan kita aman di Desa."ujar petugas BKSDA.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...