BKSDA Aceh: Gajah Mati Karena Infeksi Luka

gajah mati di bener meriah

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Seekor gajah Sumatera liar jantan yang ditemukan mati di kawasan Krueng Peusangan diduga karena infeksi luka yang dideritanya. Hal ini diketahui setelah tim BKSDA Aceh bersama personel Polres Bener Meriah dan Polres Bireuen melakukan olah TKP dan nekropsi terhadap bangkai gajah yang kerap dipanggil Si Bongkok ini.

Diketahui, titik koordinat penemuan bangkai gajah jantan ini berada di atas batas kabupaten yang ternyata masih dalam wilayah hukum Polres Bireuen, tepatnya di kawasan Gampong Pantee Peusangan, Kecamatan Juli, Bireuen.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, gajah jantan ini berusia sekitar 40 tahun. Gajah ini pun pernah diobati oleh tim dokter BKSDA Aceh dan FKH Unsyiah karena luka yang diderita di bagian selakangan dan bawah ekor akibat perkelahian dengan gajah liar lainnya.

"Gajah diperkirakan sudah mati lebih dari 15 hari dengan kondisi gading hilang sama sekali tanpa sisa (sekaligus meralat informasi sebelumnya yang disampaikan dipatahkan)," ujar Sapto, Jumat (28/12/2018) sore.

Ia menjelaskan, pengambilan gading seperti ini hanya mungkin dilakukan terhadap bangkai gajah yang sudah membusuk yang mana cukup dilakukan dengan menggoyang dan menarik gading dari tengkorak, sehingga diduga dilakukan orang yang lewat di sekitar lokasi dan melihat ada kesempatan untuk mengambil gading itu.

"Diagnosa awal penyebab kematian dari hasil nekropsi yang dilakukan karena infeksi sekunder dari luka yang diderita, baik luka terbuka maupun fraktur di kaki belakang kiri, atau bisa juga karena toxicosis. Kepastian penyebab kematian akan didapatkan dari hasil uji labfor terhadap sampel organ dalam dan sisa makanan (limpa, usus, paru dan sisa makanan) yang diambil dari bangkai," jelasnya.

Saat ini, pihak BKSDA Aceh telah berkoordinasi dengan pihak Tipidter Polda Aceh, Polres Bener Meriah dan Polres Bireun untuk menyelidiki kematian dan hilangnya gading gajah ini. "Anggota CRU Peusangan sore ini akan segera membuat laporan ke Polres Bireun," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...