Jembatan Gantung di Kuta Cot Glie Rusak Karena Luapan Sungai Deras

IMG-20181219-WA0127

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM - Sejumlah jembatan gantung yang berada di beberapa wilayah di Aceh Besar rusak karena air sungai yang meluap sejak beberapa hari lalu. Meluapnya sungai ini pun terjadi karena hujan yang terus-menerus mengguyur sebagian besar wilayah Aceh Besar.

Kepala BPBD Aceh Besar, Farhan AP melalui petugas pusdalops, Iqbal mengatakan, jembatan gantung yang ada di Gampong Kruweung Blang, Kecamatan Kuta Cot Glie rusak berat. Padahal, jembatan ini merupakan akses warga setempat untuk menuju ke kebun dan tempat mereka memelihara ternak.

"Dampaknya aktivitas warga terganggu, warga tidak bisa melintas, sebagian besar warga bergantung hidup pada sektor pertanian," ujarnya.

Selain itu, jembatan gantung di kawasan Siron Blang, Kecamatan Kuta Cot Glie juga mengalami rusak berat. Jembatan gantung ini juga putus karena luapan dan derasnya arus sungai, sehingga dibutuhkan penanganan sesegera mungkin karena jembatan ini merupakan akses warga menuju ke kecamatan.

"Anak-anak yang sekolah pun melalui jembatan ini, sekarang harus menggunakan jalan alternatif lain yang jaraknya mencapai lebih kurang 10 kilometer," kata Iqbal.

Kemudian, jembatan gantung di Gampong Bak Sukon yang merupakan jembatan penghubung ke Glee Jai, Kecamatan Kuta Cot Glie juga mengalami rusak, meski hanya kerusakan ringan. Salah satu kabel penopangnya terlepas, sehingga dibutuhkan penanganan agar tak menjadi lebih parah.

"Kemudian jembatan gantung di Gampong Cot Bayu penghubung ke Gampong Lam Leuot, Kecamatan Kuta Cot Glie yang juga mengalami rusak berat," tambahnya.

Sementara, pihak BPBD Aceh Besar bersama instansi terkait lainnya juga melakukan penanganan lain sebelumnya akibat luapan air sungai ini. Seperti di Gampong Bukit Meusara, Kecamatan Kota Jantho misalnya yang sempat direndam banjir yang kini mulai surut.

Lalu, evaluasi yang dilakukan terhadap dua warga Aceh Besar yang terseret arus sungai saat hendak menyelamatkan hewan ternak miliknya yang terseret arus serta evakuasi yang dilakukan terhadap peserta pramuka.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...