Personil Kodim Aceh Jaya Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Aceh Jaya – Personil TNI Kodim 0114/Aceh Jaya mengikuti latihan penanggulangan bencana alam yang diselenggarakan oleh Korem 012/Teuku Umar. Latihan ini dibuka oleh Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag di lapangan upacara Kodim 0114/Aceh Jaya Desa Bahagia Kecamatan Krueng Sabee, Senin (17/12/2018).

Pada kesempatan tersebut Kasrem 012/TU dalam amanat Komandan Korem 012/TU menyampaikan bahwa saat ini wilayah Indonesia tak terkecuali di wilayah Provinsi Aceh memasuki suatu musim dengan curah hujan yang cukup tinggi dan diikuti kondisi cuaca yang yang sulit diprediksi dan dapat berubah - ubah secara ekstrim. Kondisi demikian menuntut semua pihak untuk senantiasa siap siaga dan melakukan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir kerugian baik personil maupun materil.

“ Apel kesiapsigaan penanggulangan bencana yang kita laksanakan pada hari ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat baik dari unsur TNI, Polri, Pemda, maupun organisasi masyarakat guna menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi baik dari aspek personil, peralatan dan perlengkapan, serta dukungan lainnya disertai cara bertindak yang tepat, sehingga tidak ada keraguan dalam pelaksanaan tugas “ kata Kasrem.

“ Upaya pengurangan resiko bencana harus dilakukan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan sehingga membutuhkan kerja yang maksimal dan terarah. Langkah kongkrit yang harus dilakukan dalam mengurangi resiko bencana adalah kesiapsiagaan aparat, dinas instansi terkait dan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) bersama masyarakat dan di dukung oleh sarana dan prsarana yang memadai “ tambah Kasrem.

Latihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam ini direncanakan akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 17 – 21 Desember 2018. Pada pelaksanannya latihan ini melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Polri, Pemda Aceh Jaya, Basarnas, Tagana, RAPI, PMI dan seluruh pihak yang berpontensi dilibatkan dalam penanggulangan bencana.

Masing – masing intansi/badan yang terlibat akan menyampaikan materi kepada seluruh peserta latihan, kemudian pada hari terakhir latihan nanti materi ini akan dipraktekkan di lapangan.

Komentar

Loading...