Bekas Tim Sukses Ghazali Abbas Divonis Percobaan

Bekas Tim Sukses Ghazali Abbas Divonis Percobaan

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Lima orang mantan tim sukses Ghazali Abbas divonis hukuman percobaan karena terbukti melakukan penghinaan terhadap anggota DPR RI asal Aceh tersebut.

Kelima terdakwa yang divonis tersebut yakni Athailah (34), Ridwanuddin (62), M.Diah (58) dan Marwan (50), mereka masing-masing divonis dua bulan kurungan penjara. Sementara Jakfar (39) divonis satu bulan penjara.

Sidang yang dipimpin hakim tunggal, Sukmawati, S.H dalam putusannya menyatakan ke empatnya dinyatakan bersalah dan menyakinkan telah melakukan penghinaan sebagaimana dimaksud pasal 315 KUHPidana.

"Terdakwa  Athailah, Ridwanuddin, M. Diah dan Marwan di vonis masing-masing dua bulan penjara dengan masa percobaan 6 bulan," kata Majelis Hakim pada persidangan, Jumat (14/12).

Sebelumnya, Hakim menawarkan pada lima terdakwa untuk meminta maaf kepada Ghazali Abbas dengan membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatan mereka. Namun, penawaran itu mentah-mentah oleh Athailah, Ridwanuddin, M. Diah dan Marwan. Sementara, Jakfar menerima tawaran hakim tersebut.

"Karena Jakfar yang mengaku bersalah dan meminta maaf, maka terdakwa dikenakan hukuman satu bulan dengan masa percobaan enam bulan. Apabila enam bulan ke depan melakukan tindak pidana maka akan ditahan untuk menjalani hukuman," sebut Hakim.

Sebelumnya, mantan tim sukses Ghazali Abbas Adan menuding Ghazali Abbas telah mengambik ribuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara diam-diam guna mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI 2014 silam.

Sejumlah KTP itu dikumpulkan saat Ghazali Abbas bersama Zulkifli mencalonkan diri sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pidie 2013. Karena itu mereka menuding Ghazali mengambil KTP tanpa sepengetahuan mereka.

Karena dituduh mencuri KTP, Ghazali Abbas melaporkan mantan tim suksesnya ke Polda Aceh pada awal Maret 2018 lalu, tentang dugaan tindak pidana penghinaan.

Penulis:Tomy
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...