Janjikan Keuntungan Seorang IRT di Bireuen Ditangkap Karena Penipuan Hampir Rp 1 Miliar

Sat Reskrim Polres Bireuen menangkap seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial Y (42), warga Gampong Hagu,

BIREUEN, ACEHPORTAL.COM - Sat Reskrim Polres Bireuen menangkap seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial Y (42), warga Gampong Hagu, Kecamatan Peudada, Bireuen atas penipuan yang dilakukan. Ia ditangkap di rumahnya Sabtu (1/12/2018) malam atas laporan yang dibuat korban.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan melalui Kasat Reskrim, Iptu Eko Rendi Oktama mengatakan, tersangka Y menipu sejumlah korbannya seperti Zainabah (42), Guru, Rahmi (37), Bidan dan Idarwati (40), karyawan BUMD yang juga merupakan warga setempat.

"Penipuan dilakukannya dengan meminta bantu kepada para korban untuk dipinjamkan uang dan emas murni, ini dipinjamnya secara bertahap dan uang yang dipinjamkan juga bervariasi," ujarnya Selasa (2/12/2018).

Uang yang dipinjam kepada korban Zainabah mencapai Rp 25 juta dan emas sebanyak 15 mayam. Sementara uang yang dipinjam dari korban Rahmi bernilai Rp 739 juta serta 15,5 mayam emas dan dari Idarwati sebanyak Rp 75 juta serta 54 mayam emas.

"Pelaku menjanjikan kepada para korbannya nanti setiap musim panen tiba akan diberikan keuntungan dan juga dijanjikan akan membuka usaha kilang padi, dari hasil kilang padi itu pelaku akan memberikan keuntungan kepada 3 korbannya. Namun sejak pelaku mengumpulkan jam uang dan emas itu korban tidak menerima keuntungan apapun seperti yang dijanjikan," jelasnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, saat ini Y masih mendekam di Mapolres Bireuen untuk diproses lebih lanjut. Ia diancam dengan Pasal 378 KUHPidana. "Masih diproses, jika ada yang merasa tertipu juga dengan pelaku bisa membuat laporan ke kita," tambah Iptu Eko Rendi Oktama.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...