Seorang Petugas Lapas Dianiaya

Ini Kronologis Kaburnya Ratusan Napi Lapas Klas II A Banda Aceh 

Lapas Lambaro rusuh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sekira Pukul 18.30 WIB sore tadi, Kamis (29/11/2018) ratusan narapidana Lapas Klas II A Banda Aceh yang berada di Lambaro, Aceh Besar kabur. Tepatnya, sebanyak 113 orang napi yang melarikan diri dari tempat pembinaan tersebut.

Kabid Humas Polda Aceh, AKBP Ery Apriyono mengatakan, kejadian itu terjadi saat para napi hendak melaksanakan salat Magrib. Kemudian, tiba-tiba sekumpulan napi yang berada di bagian kanan lapas mendobrak pagar kawat besi.

BACA JUGA: 113 Orang Napi Lapas Klas II A Banda Aceh di Lambaro Kabur

"Lalu mendengar suara keributan, seorang petugas jaga bernama Munawar yang sedang berjaga di ruang P2U, mengecek dan melihat petugas jaga lain yang berada di bagian dalam LP diserang oleh para napi yang berjumlah lebih kurang 100 orang," ujarnya.

Melihat hal itu, petugas jaga lainnya bernama Darmawan bersama tujuh orang pegawai lainnya yang sedang berada di lokasi berupaya menghentikan tindakan para napi.

"Namun karena situasi yang semakin tidak terkendali sementara jumlah petugas jaga tidak sebanding dengan para napi, para napi itu berhasil menjebol dinding pengamanan dan melarikan diri melalui persawahan yg ada di belakang lapas," ungkapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh sementara, napi yang ada di berjumlah 726 orang dan napi yang melarikan diri sebanyak 113 orang. Sebanyak 10 orang napi dapat ditangkap kembali san selebihnya masih dalam pengejaran oleh personel jajaran Polresta Banda Aceh dan Polda Aceh.

"Dalam peristiwa itu, seorang petugas lapas bernama Budiawan Akbar menjadi korban akibat dianiaya oleh para napi di parkiran luar lapas," tambah Kabid Humas.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...