113 Orang Napi Lapas Klas II A Banda Aceh di Lambaro Kabur

Kapolresta Banda Aceh tinjau lapas Lambaro

BANDA ACEH, ACEHPOTAL.COM - Kaburnya ratusan narapidana (napi) dari Lapas Klas II A Banda Aceh yang berada di kawasan Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (29/11) sore tadi karena lapas yang dibobol.

Hal ini dikatakan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto saat ditemui di lapas setempat. "Jadi larinya napi dari lapas ini, kami dapat informasi dari Kalapas bahwa lapas jebol," ujarnya kepada wartawan.

Menerima informasi itu, polisi langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa para napi itu merusak kawat pembatas ruang penerimaan tamu dan merusak jendela serta melompat dari jendela itu.

"Dari 726 napi seluruhnya di lapas, setelah dikumpulkan ada 613, hasilnya 113 orang napi yang kabur, tiga orang berhasil ditangkap kembali, namun belum kita identifikasi kasus apa saja mereka, baru dari jumlah saja. Tadi kita baru melakukan pemeriksaan sementara. Yang jaga lapas hanya 12 orang," ungkap Trisno.

Menurutnya, seorang sipir di lapas itu pun sempat dipukul oleh salah seorang napi yang berusaha kabur, namun yang bersangkutan tidak mengalami cedera yang serius.

"Ada empat orang yang sudah diamankan, tiga orang saat ini diamankan di Mapolsek Ingin Jaya, satu lagi sempat ditangkap sipir saat dikejar. Kondisi sudah aman dan kondusif, kita masih mencari napi yang lain dan mendalami penyebab kabarnya," jelas Kapolresta.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya ratusan orang napi kabur dari Lapas Klas II A Banda Aceh. Bahkan di sebuah video yang beredar terlihat puluhan orang napi kabur dengan berlari di area persawahan.

Informasi lain yang diperoleh, sebagian napi kabur ke salah satu gampong dalam Kecamatan Ingin Jaya tepatnya di dekat Lampeuneurut. Bahkan, sejumlah pengumuman imbauan kepada masyarakat tentang napi kabur yang membawa senjata tajam.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...