Pradiksarmil Menwa UTU di Korem 012/TU

Meulaboh, acehportal.com - Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa yang memiliki sikap disiplin, berwawasan kebangsaan, berpengetahuan, fisik yang prima dan mental yang kuat agar mampu melaksanakan tugas bela negara serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional, mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi masyarakat dalam rangka sistim pertahanan keamanan rakyat semesta.

Danrem 012/TU Kolonel Inf Aswardi, S.E yang diwakili oleh Kasiter Korem 012/TU Letkol Inf Adhe Hansen, membuka secara resmi upacara pembukaan Pelatihan Pra Pendidikan Dasar (Pradiksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Univesitas Teuku Umar (UTU), bertempat di lapangan upacara Makorem 012/TU. Sabtu (24/11).

Dalam kegiatan tersebut diikuti 33 peserta terdiri dari 12 peserta putra dan 21 peserta putri, dengan materi kegiatan sebagai berikut : Senam Militer, PBB, PPM, Caraka Malam, Tata Upacara Militer, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Dengan melibatkan personil dari Korem sebagai pelatih dan pendamping selama kegiatan berlangsung.

Selain memberikan pembekalan bagi calon anggota Menwa, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan tentang pemberdayaan manusia dan dasar-dasar kemenwaan para calon anggota Menwa UTU.

Resimen Mahasiswa Indonesia adalah wadah keikutsertaan putra mahasiswa Indonesia dalam rangka pembelaan Negara yang sekaligus merupakan komponen rakyat terlatih, perlu dibina dan diteguhkan sebagai organisme yang disiplin dan teratur.

"Program Pradiksar Menwa ini merupakan realisasi dan keputusan bersama antara Menhan, Mendiknas, Mendagri, dan Menpora. Kegiatan ini bertujuan untuk membina para mahasiswa sebagai generasi muda bagian dari kekuatan Sishankamrata, agar mempunyai ketahanan, cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan serta mempunyai jiwa persatuan dan kesatuan yang kuat", ujar Kasiter.

Komentar

Loading...