Diduga Keras Gajah Liar di Pijay Mati Karena Diburu

Gajah ditemukan mati di Pidie Jaya

Banda Aceh, Acehportal.com - Seekor gajah Sumatera liar dilaporkan mati di kawasan Krueng Tijei, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, Kamis (15/11/2018). Gajah jantan ini diduga mati karena dibunuh dengan cara ditembak. Bahkan, bagian kepalanya diketahui terbelah dan sepasang gading yang dimiliki hilang.

Kepala Bagian Pemangkuan Hutan Badan Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Krueng Meureudu, Fakruddin mengaku masih meraba-raba terkait informasi kematian gajah liar yang diperkirakan masih berusia muda ini.

"Informasi yang diperoleh seekor gajah mati di sekitaran Krueng Tijei (jalan dari Gampong Blang Awe) dan informasinya pihak BKSDA dari Lhokseumawe juga sudah ke lokasi kemarin," kata Fakruddin, Kamis (15/11/2018).

Sementara, Kepala Pengelolaan Data Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lhokseumawe, Nurdin juga membenarkan hal itu. Pihaknya meluncur ke Pidie Jaya kemarin untuk memastikan informasi kematian gajah di kawasan itu. Namun, dikarenakan akses yang sangat sulit dilalui, pihaknya tidak sampai ke lokasi bangkai gajah.

"Benar, kami kemarin ke gunung di Pidie Jaya untuk memastikan informasi yang kami terima, tapi karena alat transportasi tidak memadai kami tidak sampai ke lokasi tujuan. Kami belum dapat memastikan penyebab kematian gajah itu dan telah berkoordinasi dengan BKSDA Aceh," kata Nurdin.

Salah seorang petani di kawasan itu bernama panggilan Bang Wi juga membenarkan keberadaan bangkai gajah muda di seputaran Krueng Tijei. Menurutnya, gajah itu mati dibunuh oleh orang yang tak bertanggung jawab. Namun ia meyakini, gajah itu bukan dibunuh karena diinginkan gadingnya. Apalagi, kematian gajah itu terjadi di kawasan baru.

"Gajah tersebut dibunuh, tapi bukan oleh pemburu gading karena gajah itu sendiri belum ada gading," kata Wi sambil menunjukkan video rekamannya.

Wi mengungkapkan, di daerah tersebut memang banyak orang tak dikenal yang berkeliaran. Dia menduga, orang-orang itu berasal dari luar Aceh. "Saya meyakini mereka adalah pencari satwa," katanya lagi.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...