JURNALISME WARGA

Prodi Bahasa Inggris UIN Gelar Kuliah Umum Mata Kuliah Literature

Foto Stadium General

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan stadium general umum di Aula FTK. Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan untuk memenuhi mata pelajaran yang lengkap untuk semua mata kuliah.

Seminar ini berisi pembelajaran sastra yang dilihat dari buku-buku dan koran ilustrasi selama masa kolonial. Dengan judul "The Lure of the Tropics and Colonial Emporium: Studi ilustrasi buku dan koran iklan masa kolonial " oleh Dr. Mohamad Rashidi Pakri, seorang peneliti di English Language Studies, University Sains Malaya (USM).

Dr Rashidi adalah penulis buku Fiksi dan Faksi di dunia Melayu. Sebuah buku yang mewakili sastra Melayu. Dia adalah seorang dosen dan juga seorang peneliti di bidang sastra. Seminar ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Bagian Akademik, Drs. Mustafa AR, M.A., Ph.D

Dr. Rashidi menjelaskan peran sastra di zaman kolonial. Penggunaan gambar dan media cetak ilustrasi pada iklan pada saat itu menjadi titik fokus yang disampaikan olehnya. Pada iklan sebagaimana tercantum dalam surat kabar pada waktu itu tentu memiliki niat dan tujuan sendiri yang ditujukan kepada pembaca, disinilah pengaruh pemahaman sastra terhadap pembaca terlihat.

Seminar ini dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa dan dosen. Antusiasme peserta dapat dilihat dari partisipasi peserta dalam mengajukan pertanyaan dan tingginya keingintahuan mereka.

Dr. Rashidi juga menjelaskan bahwa mempelajari sastra tidaklah sulit tetapi yang harus dipahami adalah bahwa pola pikir harus diubah. Tumbuhkan minat anda terlebih dahulu dan mulailah mencoba menyukainya dan memperlambatnya. Semua itu tentang awal, jadi ketika dimulai akan baik.

Penulis:rilis
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...