DPRA Putuskan Tolak Izin PT EMM di Beutong

Paripurna DPRA terkait izin PT EMM

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh menggelar Paripurna Khusus membahas persoalan izin tambang emas PT Emas Mineral Murni (EMM), Selasa (6/11/2018).

Hasil keputusan bersama DPRA dalam rapat paripurna tersebut adalah, menyatakan bahwa izin usaha pertambangan operasi produksi yang kekuarkan oleh BKPM RI Nomor 66/I/IUP/PMA/2017 tanggal 19 Desember 2017 bertentangan dengan kewenangan Aceh sebagaimana diatur dalam UUPA Nomor 11 tahun 2006.

DPRA menyatakan menolak pemberian izin tambang kepada PT EMM.

DPRA juga meminta kepala BKPM RI untuk mencabut/membatalkan izin yang telah dikeluarkan untuk PT EMM, mengekploitasi dan eksplorasi di Beutong Ateuh Banggalang Nagan Raya guna menghindari terjadinya konflik sosial dan demi menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Kesepakatan itu diambil setelah kuota forum paripurna terpenuhi, dan seluruh fraksi di DPRA juga sepakat untuk menolak izin PT EMM.

Salah seorang anggota DPRA dari Partai Aceh Tgk Harun saat interupsinya menyatakan,
bahwa upaya yang telah dilakukan oleh PT EMM adalah perampokan karena dalam upaya memperoleh izinnya telah menabrak aturan dalam UUPA.

"Ekploitasi dan eksplorasi di Beutong oleh PT EMM akan membunuh masyarakat Aceh dimasa depan, walaupun saya bukan dapil di sana tetapi hati saya tergores mengetahui hal ini. Rakyat Aceh harus mengetahui hal ini, jutaan ton emas akan diambil dari tanah Beutong oelh sebab itu Pemerintah Aceh dan PP harus bertanggung jawab atas izin yang telah didapatkan PT EMM." tegasnya dalam Paripurna.

Hal senada disampaikan Jamaluddin T Muku fraksi Demokrat, dirinya sepakat menolak izin tambang PT EMM, "ini wajib kita tolak, saya menolak, kita harus bersama sama meminta Pemerintah Pusat mencabut izin PT EMM,"pinta Jamaluddin.

Abdurahman Ahmad Ketua Fraksi Gerindra PKS, juga sepakat menolak, "Kami sepakat menolak PT EMM," ujarnya dalam paripurna.

Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda, hadir dalam paripurna tersebut selain anggota DPRA juga hadir pemuda, mahasiswa dan masyarakat Nagan Raya juga LSM dan lembaga terkait.

Penulis:Hafiz
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...