Latih Pramuka SMPN 1 Teunom, TNI Berikan Materi Pionering

Aceh Jaya, acehportal.com  – Personil TNI dari Koramil 06/Teunom Kodim 0114/Aceh Jaya Serda Arief Wari memberikan pelatihan Pramuka kepada siswa – siswi SMP N 1 Kecamatan Teunom, Kamis sore ( 25/10/18 ).

Pada kesempatan tersebut Serda Arief membekali siswa – siswi pramuka SMP N 1 Kecamatan Teunom dengan materi Peonering.

“ Peonering adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek “ kata Serda Arief.

Pantauan di lokasi kegiatan latihan yang dilakukan di halaman SMP N 1 Kecamatan Teunom ini terlihat Serda Arief dan para siswa mempraktekkan cara membuat sebuah tandu darurat dengan menggunakan tongkat dan tali yang kemudian digunakan  untuk mengangkat salah satu siswa. Alat ini merupakan salah satu upaya  Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( P3K ).

“ Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasah keterampilan peserta dalam membuat sebuah model suatu objek yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari “ tambah Serda Arief.

Serda Arief juga menjelaskan bahwa manfaat dari materi Pionering ini diantaranya memupuk rasa kebersamaan, kekompakan dan kerjasama yang baik antar siswa, kemudian dapat diterapkan pada situasi genting maupun P3K ( Pertolongan Pertama Pada Kecelekaan ) serta dapat memproyeksi pemikiran peserta dalam  merancang suatu objek sebenarnya .

Sementara itu Komandan Koramil 06/Teunom Kapten Inf Abdul Gani Khasim menyampaikan bahwa selama ini personilnya selalu aktif dalam membina pramuka di Kecamatan Teunom, hal ini dilakukan agar para siswa pramuka ini dapat terampil ,  disiplin dan kompak serta mempunyai semangat yang tinggi.

Komentar

Loading...