Dilaporkan Masyarakat, BKSDA Aceh Evakuasi Orangutan di Aceh Timur

Foto: Istimewa

Banda Aceh, Acehportal.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi satu individu orangutan Sumatera di wilayah kecamatan Peureulak, Aceh Timur, Jumat (19/10/2018).

Evakuasi satwa bernama latin Pongo Abelli ini dilakukan setelah pihak BKSDA Aceh menerima informasi dari masyarakat melalui telepon Call Center tentang adanya orangutan di kawasan perkebunan.

"Setelah tiba di lokasi tim langsung melakukan pembiusan terhadap orangutan untuk kemudian dievakuasi," ujar Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Sabtu (20/10/2018).

Sapto menjelaskan, orangutan ini berjenis kelamin jantan yang usianya diperkirakan 15 hingga 20 tahun dengan berat badan 35 kilogram dan dalam kondisi sehat.

"Orangutan ini diduga peliharaan warga yang lepas, ini disimpulkan sementara karena lokasi penemuannya yang bukan merupakan habitat orangutan," jelasnya.

Orangutan itu saat ini dibawa ke karantina di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara untuk dilakukan cek up sebelum nantinya dilepasliarkan kembali ke habitatnya.()

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...