Personel Koramil 02/Kuala Batee Amankan Meriam Kuno Lapis Emas dari Pencurian

Abdya, acehportal.com - Koramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Abdya dibawah pimpinan Kapten Inf Izhar yang baru saja melaksanakan Sertijab (serah terima jabatan) pada Selasa (16/10) kemarin, berhasil mengamankan benda peninggalan sejarah dari tindak pencurian.

Diketahui Benda tersebut adalah meriam kuno bekas peninggalan kerajaan Kuta Batu. Meriam itu berdiameter lebih kurang 80 Cm, dengan ukuran panjang 3 Meter, dan berbobot 1 Ton.

Dihubungi Media Center Rabu (17/10/2018) Danramil 02/Kuala Batee Kapten Inf Izhar menerangkan, "Sekitar Pukul 18.00 WIB kemarin anggota kita Koptu Sepri bersama dengan warga Keude Baro secara langsung menemukan meriam kerajaan Kuta Batu di pinggiran sungai Desa Lama Tuha dengan kondisi tampak bekas gergajian".

Danramil menyebutkan, atas laporan tersebut dirinya bersama dengan anggota dan juga gabungan anggota Polsek langsung terjun menuju ke TKP guna laksanakan penyisiran di sekitar area. Dari hasil penyisiran ditemukan barang bukti 1 buah gergaji besi jenis gerinda yang telah ditinggalkan oleh pelaku.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa meriam tersebut awalnya berada di tengah lahan Desa Keude Baro. Selama ini keberadaan meriam sudah diketahui oleh masyakat umum dan dinas terkait setempat. Karena belum ada konservasi dari pihak terkait, meriam yang terbuat dari logam baja dan campuran emas ini dibiarkan begitu saja terbenam dalam rawa.

"Atas kesepakatan bersama Muspika dan masyarakat, sambil menunggu tindakan dari dinas terkait Meriam Kerajaan Batu, untuk sementara dipindahkan dan dicor di halaman Mesjid Desa Keude Baro demi keamanan," tandasnya.

Komentar

Loading...