Peduli Terhadap Keluarga Kurang Mampu, Koramil Kuta Alam Bangun Jamban Gratis

Banda Aceh, acehportal.com – Sebagai bentuk kepedulian TNI Khususnya Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS terhadap keluarga kurang mampu, salah satunya diwujudkan dengan memberikan bantuan membangun jamban gratis.

Hal itu seperti dilaksanakan oleh Personel Koramil 13/Kuta Alam membangun jamban untuk keluarga Bapak Tamin warga Desa Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh, Kamis (11/10/18).

Komandan Koramil (Danramil) 13/Kuta Alam Kapten Inf Mutrisno mengatakan, bahwa pembuatan jamban ini merupakan kegiatan sosial dengan membantu warga kurang mampu yang di wilayah khususnya dalam hal membuang hajat.

“Seperti keluarga Bapak Tamin, selama ini keluarganya mengalami kesulitan untuk buang hajat, apalagi jika di malam hari. Untuk itu, kami bantu dengan bangun jamban di rumahnya” ujar Danramil.

Selain itu, lanjutnya, Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan menyebarnya berbagai serangan penyakit, apalagi kotoran dari pembuangan hajat yang dilakukan disembarang tempat.

“Disamping tidak enak dilihat, buang hajat sembarangan dapat berdampak menyebarnya berbagai serangan penyakit seperti diare, muntaber dan lain-lain,” tutur Kapten Inf Mutrisno.

Ia juga menambahkan, sebelum pengerjaan pembangunan jamban, pihaknya melaksanakan pendataan terlebih dahulu keluarga kurang mampu yang ada di wilayah agar pembangunannya dapat tepat sasaran.

“Dengan adanya pembangunan jamban ini, diharapkan dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, selain itu juga agar masyarakat tidak kebingungan lagi untuk buang hajat,” imbuh Danramil.

Komentar

Loading...