Aceh Selatan Longsor

4 Kecamatan di Aceh Barat Dilanda Banjir, 5 Kecamatan di Aceh Singkil

BPBDBanjir di wilayah Barat dan Selatan Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sekitar dua belas gampong dari empat kecamatan di Aceh Barat terendam banjir. Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ahmad Dadek melalui data dan informasi terbaru yang diberikan Jumat (12/10/2018) sore.

"Banjir terjadi sejak 9 Oktober kemarin di empat kecamatan yakni Kecamatan Bubon, Salatiga, Meureubo dan Johan Pahlawan, di kabupaten Aceh Barat," ujarnya.

Ia menjelaskan, belasan gampong yang terendam banjir adalah gampong Layung di kecamatan Bubon, Gampong Pange, Leken, Deah, Cot Amun, Krueng Tinggai, Masjid Baro, Rangkileh serta gampong Ujongnga.

"Sementara di kecamatan Meureubo hanya satu gampong yakni Pasir Aceh Tunong, di kecamatan Johan Pahlawan adalah gampong Pasie Lahan dan Gampa. Banjir terjadi karena hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejak tanggal 8 hingga 11 Oktober kemarin," jelasnya.

Korban yang berdampak akibat banjir ini pun berjumlah sekitar 125 KK dari 7 gampong di berbagai kecamatan itu, yakni gampong Layung 7 KK, Pange 10 KK, Cot Amun 10 KK, Krueng Tinggai 6 KK, Mesjid Baro 10 KK, Rangkileh 2 KK dan Pasie Lehan sebanyak 85 KK.

"Sementara di Gampong Leken, Deah, Ujongnga, Pasie Aceh Tunong dan Gampa masih dalam pendataan hingga saat ini," kata Ahmad Dadek.

Pihaknya telah melakukan beberapa upaya seperti meninjau dan memantau perkembangan di lokasi yang dilakukan oleh TRC (Tim Reaksi Cepat), membangun tenda pleton untuk mengantisipasi adanya warga yang mengungsi serta bantuan logistik dari pihak Dinas Sosial.

"Selain TRC dan TAGANA, mahasiswa peduli bencana dari Universitas Teuku Umar juga siaga di lokasi bencana. Dilakukan juga normalisasi Krueng Meureubo di Gampong Babah Iseng untuk mencegah terkikisnya abutmen jembatan gantung," ungkapnya.

Saat ini, banjir juga telah surut di sejumlah gampong seperti di Gampong Pasie Aceh Tunong di kecamatan Meureubo dan Gampong Pasie Lehan serta Gampa di kecamatan Johan Pahlawan.

*Longsor di Aceh Selatan

Sementara, longsor terjadi di Gampong Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, Kamis (11/10/2018). Imi terjadi juga karena hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan itu sejak kemarin hingga tadi malam. Akibatnya, longsor menimbun badan jalan yang menuju gampong tersebut.

"Tim TRC BPBD aceh Selatan sudah ke lokasi dan melakukan penanganan. Petugas juga terus memantau dan melaporkan perkembangan yang terjadi di lapangan. Tidak ada korban jiwa dari kedua bencana ini," tambahnya.

Selain di Aceh Barat, banjir juga melanda 5 Kecamatan di wilayah Aceh Singkil diantaranya; Kec. Gunung Meriah, Kec. Singkohor, Kec. Kota Baharu, Kec. Simpang Kanan, dan Kec. Singkil Utara.

Akibatnya, menyebabkan terendamnya jalan penghubung Desa Rimo ke Trans, serta erendamnya rumah penduduk dan fasilitas umum.

Untuk saat ini BPBD Kab. Aceh Singkil telah berada di lokasi banjir guna pendataan serta menurunkan personil beserta perahu karet guna membantu penyebrangan masyarakat.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...