Kodam IM Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Banda Aceh, acehportal.com – Kodam Iskandar Muda menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Jasdam IM, Neuseu, Banda Aceh, Senin (1/10/18). Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Upacara tersebut diikuti Irdam, Kapok Sahli, LO AU, LO AL, para Pa Ahli, Asisten, Kabalak serta para prajurit dan PNS segarnizun Banda Aceh. Sementara untuk barisan upacara, diikuti satu peleton dari satuan Pomdam IM, Kodim 0101/BS, dan 2 peleton Yonif Raider 112/DJ, Yonarmed 17/Komposit, Yonzipur 16/DA, Paldam IM dan barisan non TNI (PNS) Kodam IM.

Upacara tahun ini, mengangkat tema “ Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.

Adapun yang menjadi Komandan upacaranya yaitu, Letkol Inf Agus Alfauzi, S.IP, M.I.Pol. yang sehari-harinya menjabat Komandan Batalyon Infanteri Raider 112/DJ dan pembaca UUD 1945 Letda Arm M. Yusuf Siregar. Sedangkan yang membaca Ikrar Lettu Chk Syahrul Safari, S.H.

Saat upacara berlangsung, Pangdam IM berkesempatan memberikan penghargaan kepada tiga prajurit yang telah berhasil meraih Medali Perak dalam kejuaraan Nasional Karate beregu tingkat Mabes TNI atau Piala Panglima TNI yang ke 6.

Ketiga prajurit tersebut yakni, Serda Heri Setiawan Yonzipur 16/DA, Pratu M Ikbal Suparman yon 115/ML, dan Pratu Bambang Purnomo yonif 114/SM.

Pangdam mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada tiga prajurit berprestasi tersebut, merupakan tradisi yakni dalam bentuk penghormatan TNI AD, khususnya di Kodam Iskandar Muda atas prestasi yang di raih.

“Hal-hal seperti ini, sudah menjadi tradisi di TNI AD, khususnya di Kodam IM dan ini harus dilakukan. Apabila ada anggota kita yang berprestasi harus diberikan penghargaan dan penghormatan. Dan hari ini sengaja kita berikan di acara event besar yakni pada upacara Kesaktian Pancasila,” kata Pangdam IM.

Tak hanya itu, tahun ini Kodam IM juga banyak menoreh prestasi. Kemarin, Dharma Pertiwi Daerah R meraih juara I lomba stand pameran terbaik tingkat Kotama TNI AD dalam rangka Gebyar Karya Pertiwi. Selain itu, meraih juara II Jambore Pramuka Tingkat TNI AD.

“Masih banyak lagi Kodam IM menoreh prestasi, saya berharap, prestasi-prestasi yang diraih menjadi tradisi satuan untuk dipertahankan dan ditingkatkan. Sehingga meningkatkan harkat dan derajat satuan Kodam Iskandar Muda,” harap jenderal bintang dua ini.

Komentar

Loading...