Bina Pramuka, Koramil Teunom Latihkan Materi Navigasi Darat dan Mountainerring

Aceh Jaya, acehportal.com - Komando Rayon Militer ( Koramil ) 06/Teunom Kodim 0114/Aceh Jaya melakukan pembinaan pramuka Saka Wira Kartika ( SWK ) di SMAN 1 Teunom Desa Tanoh Mayang Kecamatan Teunom, Sabtu ( 29/9/2018).

Pembinaan Pramuka ini merupakan salah satu program kerja Kodim 0114/Aceh Jaya dan rutin dilaksanakan oleh jajaran Koramil.

Personil Koramil 06/Teunom Serda Arif W merupakan personil yang ditugaskan membina pramuka memberikan pelatihan Krida Navigasi Darat ( Navrat ) dan Mountainerring kepada sekitar 40 orang anggota Pramuka SMAN 1 Teunom.

Amatan dilokasi para siswa pramuka ini diajarkan tentang Navigasi Darat ( Navrat ) seperti membaca arah kompas dan tanda peta, sementara untuk Mountainerring para siswa ini diberikan materi rayapan tali satu.

Sementara itu Serda Arief dalam kesempatan ini menghimbau kepada anggota pramuka Saka Wira Kartika untuk mengetahui dan menguasai 5 Krida.

Seperti diketahui bahwa Saka Wira Kartika memilki 5 krida yaitu Navigasi Darat (Navrat), Pionerring, Mountainerring, Survival, dan Penanggulangan Bencana. Kemudian pada setiap krida mempunyai beberapa materi Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Komentar

Loading...