Fajran Zain: PAUD Harus Menjadi Prioritas Pemerintah

IMG-20180920-WA0018

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM - Akademisi UIN Ar Raniry Banda Aceh Dr Fajran Zain,S.Ag, MA mengatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus menjadi prioritas pemerintah propinsi maupun kabupaten/kota di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Fajran Zain saat menjadi pemateri Workshop percepatan akreditasi satuan pendidikan anak usia dini dengan organisasi mitra tahun 2018, Rabu (19/9/2018) di Balai PAUD dan Dikmas Aceh, Lubuk Aceh Besar.

Menurut Fajran Zain, sebagian pemerintah daerah di Aceh belum menganggap keberadaan lembaga PAUD sesuatu yang penting. Padahal keberadaan PAUD ini merupakan titik awal kemajuan sebuah bangsa.

"Kemajuan sebuah bangsa dimulai dari pendidikan anak usia dini, untuk itu intervensi negara untuk lembaga PAUD ini penting sekali untuk mendukung kemajuan lembaga ini," ujar Fajran Zain yang juga tim ahli HIMPAUDI Aceh.

Fajran Zain mengapresiasi beberapa kepala daerah yang mengeluarkan Peraturan Wali kota (Perwal) atau Peraturan Bupati (Perbup). Namun dalam pelaksanaannya, peraturan dari kepala daerah tersebut juga belum secara signifikan mendukung lembaga PAUD tersebut.

"Saya mendorong semua pemerintah daerah pada semua level untuk serius dalam memperhatikan lembaga ini, perlu ada alokasi dana yang nyata bagi mereka, karena saya melihat masih banyak pemerintah kabupaten/Kota di Aceh yang belum sedikitpun memperhatikan pentingnya keberadaan PAUD bagi generasi penerus bangsa," kata pria yang pernah menjadi Konsultan PAUD UNICEF.

Sementara itu Ketua HIMPAUDI Aceh Nina Afrianti Spd mengatakan tujuan utan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada 30 orang peserta aktif, untuk percepatan akreditasi satuan pendidikan anak usia dini dengan organisasi mitra di semua kabupaten/kota di Aceh.

Acara ini sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 17 September lalu dan ditutup hari ini, 19 September 2018 oleh Kepala BP PAUD Ashari M Yahya, SPd, MPd di Aula Utama BP PAUD Aceh.

Penulis:Redaksi
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...