Resmi Buka GAMI Festival 2018, Ini Kata Plt Gubernur Aceh

Pembukaan GAMIFest 2018

TAKENGON, ACEHPORTAL.COM - Salah satu event wisata yang menjadi andalan Aceh adalah Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 yang diselenggarakan mulai hari ini hingga 24 November mendatang yang melibatkan empat kabupaten dataran tinggi Gayo-Alas yakni Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

Hal ini dikatakan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat pembukaan GAMI Festival 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah, Jumat (14/9/2018) malam. Selama kegiatan ini berlangsung, beragam seni budaya Gayo akan ditampilkan oleh para seniman lokal sesuai karakter aslinya.

Dikatakan, kegiatan GAMIFest 2018 ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih luas tentang budaya dan potensi sumber daya alam Gayo kepada dunia. Berbagai kegiatan ditampilkan seperti Tarian Massal, Pameran Handicraft, Lomba Perahu Tradisional, Festival Panen Kopi, Expedisi Burni Telong, Pacu Kuda Tradisional, Wisata Arung Jeuram dan lainnya.

"Seluruh rangkaian acara itu adalah pintu gerbang untuk menjadikan Gayo-Alas sebagai kawasan dynamic agroecology dan penggerak ekonomi hijau (Green Economy). Setidaknya ada 3 jenis pengembangan kawasan yang akan ditingkatkan di daerah ini, yaitu Agro Forestry, Agro Industry dan Agro Tourism," ujarnya.

Nova menjelaskan, GAMIFest ini merupakan momen untuk memulai rancangan. Apalagi, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional, Gayo-Alas termasuk destinasi wisata yang akan dikembangkan secara nasional.

Oleh karenanya, langkah percepatan pembangunan di daerah ini akan lebih ditingkatkan di masa depan. Pemerintah Aceh, khususnya Pemkab di Gayo-Alas tentu menyambut suka cita program Pemerintah itu. Dengan kerjasama semua, dirinua yakin pembangunan Gayo-Alas melalui sektor pariwisata, budaya dan pertanian akan memberi dampak besar bagi kemajuan Aceh.

"Gayo-Alas akan berkontribusi besar menjadikan Aceh sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia, sekaligus sebagai lokasi investasi menjanjikan di masa depan. Pemerintah menunjukkan dukungan penuh bagi pembangunan kawasan ini. Pelaksanaan even ini merupakan pertanda besarnya dukungan tersebut," jelasnya.

Dirinya mengimbau masyarakat Gayo dan Alas agar tidak menyiakan kesempatan ini untuk berbenah dan menyiapkan sumber daya yang dibutuhkan. Dengan demikian, menjadikan Gayo-Alas semakin diperhitungkan di tingkat nasional.

"Tentu kami akan bekerja keras untuk mensukseskan acara ini. Dengan demikian, GAMIFest 2018 menjadi tonggak sejarah bagi dimulainya pembangunan Gayo-Alas secara intensif dan berkesinambungan," tambahnya.

Penulis:hafiz
Rubrik:Pariwisata

Komentar

Loading...