Kemenpar: Pengembangan Sektor Pariwisata Tidak Terlepas dari Akses Udara

Tarian kolosal pada pembukaan GAMIFest 2018.

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Saat berbicara tentang pengembangan sektor pariwisata, tak terlepas dari akses udara. Lebih dari 75 persen turis yang datang ke sebuah tempat wisata akan menggunakan jalur udara sehingga sangat sulit meningkatkan pariwisata di suatu tempat bila konektivitas udara tidak tersedia dengan baik.

Hal ini dikatakan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Reza Fahlevi saat memberikan sambutan dalam pembukaan even GAMI Festival 2018, di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah, Jumat (14/9/2018) malam.

"Karena itu kita harapkan peningkatan kapasitas bandara di dataran tinggi Gayo-Alas seperti Rembele, Galus dan Aceh Tenggara menjadi prioritas kita semua," ujarnya di hadapan ribuan para hadirin.

Ia menjelaskan, dataran tinggi Gayo-Alas menurutnya juga menyimpan potensi wisata yang sudah mendunia seperti kopi, tari Saman dan gunung Leuser. Sejumlah potensi ini tentu menjadi tantangan bagi pemerintah sehingga menjadi kekuatan bagi dataran tinggi Gayo-Alas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberi manfaat ekonomi.

"Yang dilakukan malam ini bukan sekedar even, tetapi menjadi momen meningkatkan pembangunan di dataran tinggi Gayo-Alas. Gayo-Alas punya potensi besar untuk dikembangkan sebagai kawasan geopark yang besar yang nantinya dapat dikembangkan untuk kepentingan edukasi dan pariwisata," ungkap mantan Kadisbudpar Aceh ini.

Kemenpar RI memberikan apresiasi tinggi atas upaya yang dilakukan pemerintah Aceh bersama Pemkab dataran tinggi Gayo-Alas atas penyelenggaraan even bertaraf internasional ini. Pemerintah Aceh, lanjutnya, yang menjadikan pariwisata sebagai sektor prioritas dalam pembangunan termasuk pariwisata sendiri membutuhkan komitmen.

"Pariwisata tidak bisa berdiri sendiri, keberhasilannya sangat ditentukan komitmen kepala daerah. Kegiatan seperti ini juga strategis untuk meningkatkan promosi, memperkenalkan daerah, karena setidaknya ada tiga nilai yang diperoleh dalam setiap even yakni culture, comersial dan media value," jelasnya.

Penulis:hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...