Even GAMI Festival 2018 Dijadikan Momentum Jangka Panjang Pembangunan Ekonomi Gayo

Banda Aceh - Even Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 akan dijadikan sebagai Momentum jangka panjang pembangunan ekonomi di kawasan dataran tinggi Gayo. Hal ini dikatakan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Kamis (13/9/2018) kemarin.

"Kita akan manfaatkan kegiatan ini sebagai keuntungan jangka panjang dan tidak hanya berhenti saat selesai even internasional ini," ujar Bupati saat membawa tamu dari Kementerian PMK ke salah satu lokasi wisata di Aceh Tengah yakni Bur Telege, kemarin.

Bupati mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk kesiapan anggaran dalam mendukung kegiatan yang akan dibuka nanti malam di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah ini

"Kita sudah alokasikan anggaran di beberapa SKPK untuk mensukseskan kegiatan GAMI Festival ini yang nantinya akan berdampak jangka panjang," kata Bupati.

Dijelaskannya, salah satu persiapan jangka panjang dalam mewujudkan pembangunan di Aceh Tengah khususnya dan kabupaten lain di dataran tinggi Gayo yang dilakukan adalah memberdayakan masyarakat di bidang pariwisata, sehingga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat di masa mendatang.

"Kita juga menyatakan siap untuk menjadikan Aceh Tengah menjadi salah satu kawasan strategis nasional di masa mendatang sehingga upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi Gayo-Alas," ungkap Shabela.

Selain itu, pihaknya juga memadukan objek wisata antara kopi sebagai salah satu komoditi unggulan, atraksi budaya dan kerawang Gayo dalam menyambut even internasional ini sebagai salah satu persiapan yang dilakukan. Even ini, katanya, bertujuan sebagai pintu masuk untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan di poros tengah.

"Kira juga akan tingkatkan promosi objek wisata yang ada di Aceh Tengah dan sekitarnya seperti Danau Lot Tawar. Kira juga manfaatkan kegiatan ini untuk mempromosikan Kampung Kopi dan Kerawang," ungkap Shabela.

Diyakini, even GAMI Festival 2018 yang melibatkan empat Kabupaten dataran tinggi Gayo-Alas (Takengon, Bener Meriah, Gayo Lues dan Kutacane) ini akan memberikan dampak positif untuk semua sektor.(hfz/hfz)

Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...