Prajurit Yonif 115/ML Berikan Materi Dasar Kepada Pramuka Kluet Raya

Aceh Selatan, acehportal.com - Sebanyak 87 siswa siswi Pramuka dari tiga sekolah di wilayah Kluet Raya SMAN 1 Kluet Selatan, SMAN 1 PASIE RAJA dan SMKN 1 Pasie Raja mengikuti pengisian materi yang merupakan rangkaian kegiatan dari Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), di Lapangan dan Pendopo Mayonif 115/ML, Ds. Ujung Padang Asahan, Kec. Pasie Raja, Minggu (9/9/2018).

Pemberian materi yang dilakukan oleh Yonif 115/ML merupakan materi dasar yang harus dimiliki oleh para Pramuka, Pasi-1/Lidik Lettu Inf Izdihar selaku kordinator materi menegaskan bahwa seorang Pramuka harus menguasai ilmu Peraturan Baris Berbaris (PBB), Navigasi Darat (Navrat) dan Pertolongan Pertama di Lapangan (Longmalap).

“Pada kesempatan ini kami selaku pemberi materi akan memberikan materi dasar yang harus dimiliki oleh kalian, antara lain PBB, Navrat dan Longmalap. Saya minta perhatikan dengan baik materi yang akan diberikan dan diajarkan", tegas Lettu Inf Izdihar.

Selanjutnya kordinator materi menyerahkan siswa dan siswi Pramuka Kluet Raya kepada Serka Waddis Suparto yang juga dibantu oleh Serda Alex, Serda Rohmat dan Serda Jemmy untuk memberikan materi Navrat dengan materi pengetahuan kompas serta cara penggunaannya, cara menentukan arah mata angin dengan kompas dan tanpa menggunakan kompas.

"Materi Navrat ini kami bagi dua, teori dan praktek. Saya minta perhatikan baik-baik teori yang diajarkan karena dalam pelaksanaan praktek nanti siapa yang tidak dapat menyelesaikan tugas akan diberikan hukuman dan tindakan", ucap Serka Waddis Suparto.

Tanpa mengenal lelah para Pramuka Kluet Raya yang sebelumnya telah melakukan perjalanan selama dua jam dari lokasi perkemahan menuju Mayonif 115/ML, tetap menunjukan semangat dan antusiasnya dalam menerima materi yang diberikan oleh personel Yonif 115/ML.

Setelah jeda Ishoma kegiatan dilanjutkan dengan materi Navrat praktek dengan teori Kompas Bintang, pelaksanaan praktek tersebut dibagi menjadi 6 tim yang harus menemukan tanda peta atau sasaran sesuai sudut kompas yang diberikan, dibuat semenarik mungkin yakni dengan memberikan hukuman kepada tim yang tidak dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

Serda Rohmat megatakan bahwa dilaksanakannya praktek Kompas Bintang ini bertujuan agar siswa dan siswi Pramuka bekerja cepat serta teliti dalam menentukan sasaran dan melatih kelompakan antar tim dalam menyelesaikan suatu tugas atau persoalan.

Setelah melaksanakan Navrat Praktek, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Longmalap yang diberikan oleh Serda Wira. Materi ini sangat penting apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit, cedera dan kecelakaan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

"Materi dasar ini harus dapat kalian kuasai, gunanya agar dapat dengan segera melakukan pertolongan pertama kepada personel atau rekan yang mengalami hal yang tidak dinginkan seperti sakit, cedera dan kecelakaan sebelum dilakukan penanganan atau evakuasi lebih lanjut", pesan Bintara Kesehatan Yonif 115/ML.

Seusai pemberian materi, selanjutnya kegiatan Persami ini ditutup dengan diselenggarakannya upacara yang dipimpin oleh Wadanyonif 115/ML, Mayor Inf Syahrul Usman, S.H yang didalam upacara tersebut terdapat pengucapan Tri Satya, Dasa Dharma serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka. Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama antara Pramuka Pramuki Kluet Raya beserta para Pembinanya bersama pejabat Mayonif 115/ML.

Komentar

Loading...