Personel Yonif 114/SM Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Bener Meriah

Bener Meriah, acehportal.com - Kebakaran lahan kembali terjadi di kabupaten Bener Meriah, Aceh. Kali ini sekitar 10 hektar lahan kosong di kampung Wih Pesam, kecamatan Wih Pesam terbakar pada Rabu (29/8/2019) sekitar pukul 12.30 WIB.

Komandan Batalyon Infanteri 114/Satria Musara Letkol Inf Mulyadi, ST, MI, Pol, Mtr (Han) menyebutkan pihaknya pertama kali menditeksi kemunculan asap dikawasan lahan kosong yang berada tidak jauh dari Batalyon Infanteri 114 Satria Musara.

Selanjutnya pihaknya melakukan koordinasi dengan BPBD, Brimob dan Polres setempat serta unsur terkait lainnya untuk melakukan operasi gabungan pemadaman api di areal yang terbakar itu. Beruntung berkat kesigapan seluruh personil yang terlibat api dapat dipadamkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Ini termasuk cepat kita lakukan pemadaman, berkat penanganan kita secara bersama tadi gerak cepat, sehingga bisa terkendali dan api tidak meluas ke areal lainnya.” Ungkapnya

Letkol Inf Mulyadi mengimbau kepada semua pihak agar tidak melakukan pembukaan maupun membersihan lahan pertanian dengan cara dibakar, mengingat kemarau panjang yang masih terus terjadi diwilayah itu dapat mengakibatkan api dengan mudah merembet ke areal yang lebih luas.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa sebagai satuan yang berada di wilayah ini kami siaga dan selalu siap setiap saat. Artinya Pangdam Iskandar Muda sudah menyampaikan dan memerintahkan kepada kami untuk terus dengan sigap memberikan bantuan jika ada kebakaran diwilayahnya atau bencana–bencana lainnya.” Tegasnya.

Sementara itu kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah Sadra BK menyebutkan setelah menerima laporan adanya kebakaran lahan pihaknya langsung menurunkan dua unit Armada kebakaran ke lokasi. Api baru dapat dipadamkan satu jam kemudian.

Pemadaman sendiri dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Infanteri 114 Satria Musara Letkol Inf Mulyadi, ST, MI, Pol, Mtr (Han) didampingi Kalaksa BPBD setempat serta melibatkan seratusan personil yang terdiri dari TNI, Polri, Brimob dan Pemadam Kebakaran.

Komentar

Loading...