Kodim 0101/BS Tingkatkan Kemampuan Apkowil Lebih Profesional

Banda Aceh, acehportal.com – Meningkatkan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan khususnya para Bintara Pembina Desa (Babinsa) itu penting dilakukan, sehingga dalam pelaksanaan tugas Pembinaan Teritorial (Binter) menjadi lebih profesional.

Mencapai hal itu, Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil) Kodim 0101/BS, bertempat di Aula Makodim 0101/BS Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah nomor 32, Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Senin (27/08/18).

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dan dibuka oleh Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP diwakili Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Mayor Inf Issukandar, S.Ag.

Tema yang diusung dalam kegiatan Katpuan Apkowil tersebut yaitu “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Kita Mantapkan Profesionalisme Apkowil Dalam Melaksanakan Pembinaan Teritorial”.

Pasiter Kodim 0101/BS Mayor Inf Issukandar, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan, berbagai perkembangan dapat menjadi ancaman bagi keamanan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) apabila dihadapkan dengan letak geografis, kondisi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan negara yang kita cintai ini.

“Kaitannya dengan itu, maka sangat diperlukan kemampuan bagi para Apkowil untuk bersifat netral dan dapat mendeteksi secara dini terhadap berbagai dinamika yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kita,” terang Pasiter.

Melalui program ini diharapkan, para Apkowil dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan teritorialnya khususnya kemampuan intelijen Teritorial, sehingga setiap sasaran yang diinginkan dapat tercapai.

“Dengan begitu, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan para Babinsa dalam mendeteksi, mengenali, menganalisa serta pengambilan tindakan dapat meningkat lagi, guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh,” imbuhnya.

Komentar

Loading...