Empat Nelayan yang Terdampar di Thailand Akan Dipulangkan Besok

Nama nama nelayan Aceh terdampar di Thailand

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Empat nelayan Aceh yang terdampar beberapa waktu lalu di negeri Pagoda, Thailand, rencananya akan dipulangkan Kamis (30/8/2018) besok. Hal ini diketahui berdasarkan informasi dari Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek setelah pihaknya melakukan konfirmasi ke Kedubes RI untuk Thailand.

"Para nelayan rencananya akan dipulangkan besok melalui Bandara Bangkok, Thailand dan mendarat di Kualanamu, Sumatera Utara," ujarnya Rabu (29/8/2018).

Miftah menjelaskan, untuk pemulangan keempat nelayan tersebut sepertinya memang harus melalui Medan, Sumatera Utara dikarenakan penerbangan dari Bangkok tidak ada yang langsung menuju ke Banda Aceh atau Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar.

"Untuk pemulangan sepertinya harus melalui Medan karena setelah pihak imigrasi Thailand mengarahkan pemulangan dari Bangkok ke Indonesia ternyata tidak ada yang langsung ke Banda Aceh, hanya ke Medan yang ada. Saat ini masih kita jajaki untuk pemulangan dengan jadwal tiba di Medan besok," jelasnya.

Sementara, sambungnya, menurut informasi yang diterima dari pihak Angkatan Laut Thailand, pemulangan via udara ini dilakukan lantaran pemulangan nelayan tersebut dengan menggunakan kapal yang dibawanya tidak memungkinkan.

"Kami dapat informasi dari pihak Angkatan Laut Thailand yang juga menanyakan terkait dengan kapal. Mereka sampaikan bahwa dengan ukuran kapal tersebut berbahaya bila berlayar kembali ke Aceh, selain kondisi kapal yang juga saat ini rusak," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat nelayan Aceh terdampar di Perairan Phang Nga, Thailand. Kapal yang ditumpangi terdampar Kamis (26/8/2018) lalu setelah terkatung-katung di laut selama 8 hari.

Kapal yang dinakhodai Arifin bersama tiga ABK lainnya itu berangkat dari Pelabuhan TPI Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh pada 14 Agustus lalu. Saat perjalanan, kapal rusak sehingga awak kapal terkatung-katung di tengah laut dan terdampar.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...