Kemeriahan “Pesta Rakyat” Warnai Penyambutan HUT RI ke- 73 di Aceh Selatan

Aceh Selatan, acehportal.com - Kemeriahan pesta rakyat sambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 73 berlangsung di seluruh kecamatan se- Kabupaten Aceh Selatan.

Kemeriahan tersebut diwarnai dengan berbagai pergelaran yang ditampilkan dalam sebuah pesta rakyat diantarannya karnaval tingkat SD, SMP dan SMA di Kecamatan Sawang, pertandingan sepak bola di Trumon, bola voli di Kluet Utara dan Bakongan.

Kemudian jenis perlombaan lainnya seperti Tarik Tambang antara desa se- Kecamatan Kluet Selatan, lomba Sepatu Roda di Tapaktuan, lomba Panjat Pinang di Sawang. Termasuk sebagian Kecamatan yang terdapat TMP seperti Kluet Timur dan Kluet Selatan melaksanakan karya bakti pembersihan.

Pantauan media, keseruan dan kemeriahan terlihat di lapangan bola Desa Meuligo Kecamatan Sawang, Selasa (14/08/2018). Seluruh masyarakat berkumpul untuk menyaksikan karnaval yang diikuti oleh murid SD, siswa-siswi SMP dan pelajar SMA.

Panitia HUT RI ke- 73 Kecamatan Sawang juga menyuguhkan tontonan lainnya yang tidak kalah meriahnya yaitu perlombaan panjat pinang yang menyedot perhatian penonton.

"Semua larut dalam kegembiraan menyambut HUT RI ke- 73. Kami selaku Koramil Sawang siap memberikan pengamanan untuk kesuksesan pesta rakyat," ucap Serka Dasrimus, anggota Koramil 04/Sawang Kodim 0107/Asel.

Serka Dasrimus mengatakan dalam karnaval ini para peserta menampilkan tema bernuansa semangat merah putih, bhineka tunggal ika dalam bingkai NKRI sebagai wujud pemersatu bangsa.

"Peserta karnaval diikuti pelajar untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan membangkitkan kembali jiwa patriotisme kecintaan kepada NKRI," ungkapnya.

Selain itu, awak media juga mendapatkan informasi saat ini sedang berlangsungnya penilaian kebersihan lingkungan bernuansa merah putih memadukan warna-warni tersebut dengan berbagai ornamen.

Tim penilai profesional yang direkrut dari berbagai elemen baik dinas Lingkungan Hidup (LH), TNI, Wartawan, dan pihak terkait lainnya akan melakukan observasi dengan menjajaki satu persatu objek yang akan dinilai.

"Kami secara profesional akan menilai setiap perkantoran baik pemerintahan sipil, militer, kepolisian maupun pemukiman warga," ucap Ajang Achmadi, Ketua tim penilai kebersihan HUT RI ke- 73 Kabupaten Aceh Selatan.

Ia menambahkan, ada beberapa kategori dan unsur yang akan dinilai tentunya mencakup kebersihan, keindahan dan keserasian yang menimbulkan kesan semangat memperingati HUT kemerdekaan RI ke- 73.

"Kita menilai banyak segi dalam memutuskan siapa pemenang. Yang utama bersih lingkungan, indah dipandang dan selaras warna-warni merah putih dengan berbagai ornamen sehingga menimbulkan kesan nasionalisme tinggi dan semangat dalam menyambut HUT RI ke-73," terang Ajang.

Berbagai rangkaian kegiatan ini terus di semarakkan hingga hari H pelaksanaan upacara HUT RI ke- 7 dan ada sebagian kegiatan yang dilanjutkan sesudah tanggal 17 Agustus 2018.

Terpisah, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto menghimbau sekaligus mengingatkan kembali bagi seluruh masyarakat ataupun instansi pemerintahan yang belum memasang bendera merah putih agar segera mengibarkannya.

"Sesuai himbauan yang turun dari pusat kita semua diwajibkan mengibarkan merah putih di setiap halaman rumah dan perkantoran maka laksanakan," tegas Dandim.

Menurut Dandim, Ini hari kemerdekaan kita bersama, momen penting bagi kita semua untuk wajib memperingatinya sebagai bentuk penghormatan kepada pejuang kemerdekaan dan kecintaan kita kepada NKRI.

"Mari kita hormati dan hargai jasa para pahlawan yang telah memerdekaan negara Indonesia sehingga kita dapat menikmatinya sekarang ini. Tunjukkan kecintaan kita kepada NKRI dengan mengibarkan bendera Merah Putih sebagai lambang kebesaran negara kita Indonesia," demikian tandasnya.

Komentar

Loading...