200 DKM Ikuti Pelatihan Manajemen Masjid Bersama Daarut Tauhid Peduli 

Acehportal.comWali Kota Aminullah

Banda Aceh – Sebanyak 200 Dewan Keluarga Masjid (DKM) se-Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan manajemen yang diselenggarakan oleh Daarut Tauhid (DT) Peduli di Aula Gedung Sultan Selim II, Rabu (15/8/2018).

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman sekaligus sebagai pembuka acara tersebut. Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasikan pelatihan yang diselenggarakan oleh DT Peduli dan juga BNI Syariah ini.

Pasalnya dengan pelatihan tersebut dapat menambah pengetahuan DKM untuk memanajemen masjid menjadi lebih profesional. “Dimana nantinya pelatihan ini dapat membuka wawasan para pengurus DKM, tentang bagaimana mengelola masjid dengan amanah dan profesional,” ujarnya.

Aminullah juga mengharapkan seluruh DKM harus tertib administrasi, transparan dengan masyarakat, dan juga mampu mengolah dana agar menjadi tepat guna.

“DKM harus tertib dalam mengolah administrasi, karena dana yang dimiliki oleh masjid ini adalah dana yang diterima dari sedekah masyarakat. DKM juga harus transparan kepada masyarakat untuk menciptakan kepercayaan masyarakat yang sangat diperlukan untuk memakmurkan masjid."

"DKM juga harus menggunakan dana masjid menjadi tepat guna. Menempatkan yang lebih prioritas itu lebih penting demi keberlangsungan masjid,” ungkapnya.

Di samping itu juga, Aminullah berharap peserta DKM mempergunakan kesempatan pelatihan ini untuk mendiskusikan setiap problematika dalam pengelolaan masjid di wilayah masing-masing. “Semoga para DKM dapat mengoptimalkan kesempatan ini untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid yang selain menjadi tempat ibadah, juga dapat menjadi pusat dakwah, sosial, pendidikan dan juga ekonomi," katanya.

“Dan kalo masih ada DKM Banda Aceh yang menyimpan dana masjid di bank konvensional tolong semunya dipindahkan ke bank Syariah, karena kita memang tengah meningkatkan sistem syariah di segala aspek,” lanjutnya.

Pelatihan ini dihadiri oleh beberapa narusumber professional di antaranya Ustaz Agus Mubarak dan Ustaz Didik Sodikin dari DT Peduli. Keduanya akan memberikan materi seputar manajemen masjid. Narasumber lainnya yakni dari BNI Syariah yaitu Zul Irvan Lubis dan Ustaz Dwiyono yang memberikan materi tentang keuangan syariah. ()

Penulis:adi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...