Murid TK Kartika XIV-3 Korem Dikenalkan Praktek Manasik Haji

Lhokseumawe, acehportal.com – Murid TK Kartika XIV-3 Korem 011 Lilawangsa diajarkan pelaksanaan kegiatan praktek Manasik Haji yang di pusatkan di Lapangan Masjid AL-Fitrah Korem 011/Lilawangsa, Kamis (9/8) pagi.

Menurut Ketua Yayasan TK Kartika XIV-3 Korem 011 Ny Hariani Purmanto, kegiatan ini sangat baik dilakukan di Usia Dini, dengan harapan selain mendapatkan pengalaman dan pengetahuan cara mengenalkan ibadah rukun Islam yang Kelima, selain itu dapat membentuk karakter anak agar lebih santun, penyabar terlebih agamis, khususnya anak-anak murid Tk Kartika.

Ketua Yayasan TK Kartika mengungkapkan, di Sekolah TK Kartika XIV-3 Korem 011 Lilawangsa bukan hanya mengajarkan atau memperkenalkan metode tentang Ilmu pengetahuan umum, bermain sambil belajar semata, akan tetapi berimbang perkenalan ilmu Agama tetap beriringan yaitu memberikan pemahaman sifat religius islami kepada anak, diantaranya mengajarkan sholat, tata cara melaksanakan Ibadah Haji, dan kegiatan Agama lainnya, sebagai salah satu pendidikan revolusi mental, tuturnya.

“Setiap kaum muslim sudah pastinya bercita-cita ingin menunaikan Ibadah Haji, pelaksanaan saat ini dengan harapan, kemudian hari jika sudah tiba saatnya anak-anak kita ini selalu ingat dan mudah-mudahan akan tercapai pelaksanaan yang sebenarnya. Saat diusia dini diawali dengan perkenalan ilmu keagamaan berdasarkan teori, dan sekaligus dengan praktiknya,” jelas Ketua Yayasan Ny Hariani Purmanto.

Acara Manasik begitu antusias diikuti oleh para murid TK Kartika XIV-3 Koordinator Rem 011, dengan mengenakan seragam hiram bagi anak laki-laki, sehelai kain putih yang dililitkan pada badan dan bahu, sedangkan bagi anak wanitanya berseragam gamis dan kerudung serba putih. Dengan Bimbingan Ustadz Tgk H. Sarifuddin dari Kementerian Agama Kota Lhokseumawe beserta para Guru, mulai peragaan dari menirukan cara mengelilingi replika Ka’bah sebanyak tujuh kali, kemudian melakukan Wukuf hingga Tahalul, pungkasnya.

Sementara itu salah seorang wali murid Neni mengungkapkan, Ia senang melihat anaknya mengikuti pratek Manasik, perkenalan maupun belajar Ibadah haji menurutnya sangat baik.

“Setiap orang tua pastinya mendukung kegiatan Islami seperti ini. Karena belum tentu kegiatan seperti ini terulang kembali baik disekolah lanjutannya di kemudian hari, terlebih lagi saya pribadi sebagai orang Tua belum tentu mampu bagaimana cara mengajarkan kepada anak-anak tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji,” terangnya.

Laporan dari Kkepala sekolah Yayasan Kartika XIV-3 Koordinator Rem 011 Ny Yani mengatakan, kegiatan yang diikuti sebanyak 200 orang Siswa-siswi Murid Tk Kartika termasuk kelompok bermain dalam demontrasi Manasik Haji yang merupakan sudah menjadi program tahunannya.

“Selain antusias anak-anak mengikuti pelajaran di sekolah TK Kartika , juga para Wali murid sangat mendukung program pembelajaran di sekolah ini”, pungkasnya.

Acara Manasik turut dihadiri dan diikuti antara lain, Ketua Yayasan TK Kartika XIV-3 Korem 011 Ny Purmanto dan Wakil Ketua Yayasan beserta pengurus, Kepala Sekolah TK Kartika XIV-3 Korem 011, para Guru dan Wali Murid yang hadir.

Komentar

Loading...