Pasi Pers Dim Ateng Dampingi Dinkes Prop. Aceh Laksanakan Pencanangan Campak dan Rubella

Takengon, acehportal.com - Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Hendry Widodo diwakili Pasi Pers Lettu Inf Suratin mendampingi Tim Supervisi Dinkes Propinsi Aceh menggelar acara Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella/Measles Rubella ( MR ) Tahun 2018, bertempat di SMPN 1 Jln. Kartini Ds. Merah Mersa, Kec. Laut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Kamis ( 02/08 ).

Menurut Pasi Personil Kodim Ateng, kampanye imunisasi ini adalah suatu kegiatan yang akan dilaksanakan secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya, ini sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed
consent.

Di Indonesia, rubella merupakah salah satu masalah
kesehatan masyarakat yang memerlukan upaya pencegahan efektif, berdasarkan data dari surveilans selama lima tahun terakhir menunjukan 70% kasus terjadi pada kelompok usia <15 Tahun, selain itu berdasarkan studi tentang estimasi beban penyakit CRS di Indonesia pada tahun 2013 diperkirakan terdapat 2767 kasus, 82/100.000 terjadi pada usia ibu 15-19 dan menurun menjadi 47/100.000 pada usia ibu 40-44, Tutur Pasi Pers.

Tujuan pelaksanaan kampanye imunisasi MR ini Kata Pasi Pers adalah untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/CRS Tahun 2020, selain itu lebih khususnya dapat meningkatkan kekebalan masyarakat secara cepat, memutuskan transmisi virus, nenurunkan angka kesakitan dan kejadian CRS.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Bupati Ateng Drs. Shabela Abubakar, Ketua MPU Tgk. H. M. Isa Umar, Sag, Kadiskes Dr. Sukri Maha, Direktur RSUD Datu Beru Dr. Hardianis, Sp. PD, mewakili Kapolres Ateng Kapolsek Lut Tawar Ipda Midian Siagian, Kepala Sekolah SMPN 1 Tkn Drs. Irwandi, Para Guru dan Pelajar.

Komentar

Loading...