Empat Sindikat Curanmor di Langsa Ditangkap

barang bukti

BANDA ACEH, ACEH PORTAL.COM - Polres Langsa menangkap empat pelaku yang diduga merupakan sindikat pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayah Langsa. Penangkapan awal yang dilakukan di kawasan Gampong Daulat, Kecamatan Langsa Kota, Langsa, Kamis (2/8/2018) kemarin sekira pukul 14.30 WIB.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui Kabid Humas mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat serta laporan kehilangan kendaraan salah seorang warga yang dibuat ke Mapolres Langsa.

"Tersangka yang pertama ditangkap yakni AD (42), Pengangguran, warga setempat. Barang bukti yang diamankan berupa sebuah obeng besi," ujar Kabid Humas Jumat (3/8/2018).

Setelah ditangkapnya AD, polisi melakukan pengembangan dan mengamankan dua tersangka lain di Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat. Keduanya yakni NZ (36), Nelayan, warga Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat dan IS (36), Montir, warga Gampong Suka Rakyat, Kecamatan Langsa Lama.

"Setelah ketiga tersangka diamankan dan dilakukan pengusutan lebih lanjut, kembali mengamankan seorang tersangka lain di Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota yakni CA (33), Pedagang," katanya.

Dari tangan CA, polisi mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty bernomor polisi BL 3159 FV warna hitam. Motor ini, lanjutnya, adalah motor milik korban bernama T Jamaluddin, warga Gampong Peukan Langsa, Kecamatan Langsa Kota yang dicuri oleh AD beberapa waktu lalu.

"Motor ini dicuri AD, tersangka pertama yang ditangkap. Kemudian AD mengaku bahwa motor ini dibawa ke rumah rekannya AB (kini masih DPO) dengan tujuan untuk digadaikan. AB kemudian mengajak AD ke rumah NZ dan menyimpan motor itu," jelasnya.

Selang sehari kemudian, sambungnya, NZ kemudian mencari tempat gadai motor dan menjumpai IS. Motor itu pun kemudian dibawa IS ke tersangka CA untuk digadaikan sebesar Rp 2 juta.

"Saat ini keempat tersangka dan barang bukti masih diamankan untuk diproses lebih lanjut. Tersangka AD dijerat Pasal 363 KUHPidana, NZ dan CA dijerat Pasal 480 KUHP serta IS dijerat Pasal 56 jo 480 KUHP," tambahnya.

Penulis:hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...