Edy Wardoyo: Banda Aceh Punya Potensi Kembangkan Sektor Pariwisata

Acehportal.comMasjid Raya baiturrahman

Banda Aceh - Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Edy Wardoyo mengatakan, Banda Aceh memiliki potensi yang akan menjadi salah-satu tujuan wisatawan dunia.

“Saya telah berkeliling Banda Aceh dan telah mengunjungi sejumlah destinasi wisata di ibukota Provinsi Aceh ini. Banda Aceh Indah sekali dan memiliki potensi yang sangat besar,”kata Edy di Banda Aceh, Minggu (29/7/2018) malam di pendopo Wali Kota.

Ia juga mengakui kuliner Banda Aceh sangat enak dan lezat. “Kalau Pak Wali bilang kuliner Aceh itu enak dan sedap saya setuju. Dan kalau Saya yang nilai memang enak banget,”ujar Edy Wardoyo.

Dalam kesempatan ini, Edy Wardoyo menyampaikan keyakinannya bahwa Aminullah mampu membuat pariwisata Banda Aceh akan maju. “Saya lihat Pak Wali punya ambisi besar dan komitmen kuat disektor wisata ini, Saya yakin Pak Wali mampu. Kami dari Kementerian akan mendukung penuh, forum IMT-GT juga,” janji Edy Wardo

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat menjamu makan malam peserta rapat forum Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle (IMT-GT) menyampaikan ucapan selamat datang di Banda Aceh, kota yang sedang gencar-gencarnya menggenjot sektor wisata Islami dan wisata halal.

“Kota ini tidak memiliki sumber daya alam, ini kota jasa, kota pendidikan, kota dagang dan kota dengan layanan kesehatan. Menggenjot sektor wisata adaah prioritas kami dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Aminullah.

Dikatakannya, kota yang dipimpinnnya mempunya potensi besar mengembangkan sektor wisata karena memiliki sejumlah destinasi menarik, seperti wisata tsunami, wisata religi, cagar budaya dan kuliner yang dikenal dengan julukan 3E (enak, enak sekali dan enaaaaak sekali).

Forum IMT-GT dinilai Aminullah sebagai forum yang mampu membantu Banda Aceh dan Aceh secara umum dalam mengembangkan pariwisata. “Dengan kerjasama tiga negara ini, kita akan maju secara bersama-sama. Meski masing-masing wisata kita punya kelemahan tapi kita bisa bangkit karena saling mendukung. Misanya Malaysia dan Thailand melihat ada kelemahan di kami, tolong disampaikan untuk kami perbaiki, begitu juga sebaliknya,” ajak Wali Kota.

Wali Kota menyampaikan dirinya memiliki target meningkatkan jumlah kunjungan wisata di tahun 2018. Karenya, Wali Kota mengajak Malaysia dan Thailand ikut membantu mempromosikan wisata Banda Aceh ke manca negara.

“Teman-teman Malaysia dan Thailand tolong juga promosikan wisata kami. Kami juga memiliki kesenian dan kebudayaan yang menarik,”pungkas Aminullah.()

Penulis:adi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...