Kebersamaan Babinsa dan Petani dalam Panen Padi

Takengon, acehportal.com – Selesai lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, beberapa Petani di bantu TNI Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, sudah melaksanakan panen padi yang di tanam sebelum puasa, seperti di Kecamatan Bukit, Bintang dan Pegasing.

Seperti terlihat dengan dengan jelas dalam foto tersebut TNI itu adalah Babinsa dari Pos Ramil Bukit Koramil 11/Wih Pesam Sertu Bukhari Muslim dalam melaksanakan program Upsus Swasembada Pangan Pajale terhadap pendampingan Petani yang tergabung Pok Tani Buge Temas Kp. Kute Kering, Jum’at ( 29/06/18 ).

Menurut Keterangan dari Babinsa, padi yang di panen itu adalah milik petani yang bernama Surya, dengan luas keseluruhan 7 Hektar, setelah selesai dilakukan perontokan atau pemisahan batang dan gabah, selanjutnya ditimbang untuk rata-ratanya perhektar bisa menghasilkan 5 Ton gabah, jadi jumlah keseluruhan hasil produksi 35 Ton.

Selanjutnya, diwilayah Dataran tinggi Gayo ini memperoleh hasil produksi gabah seperti di atas, sudah cukup bagus, mengingat daerahnya yang mayoritas pegunungan dengan ketinggian rata-rata 1200 m atau 3.900 ft di atas permukaan laut, Kata Sertu Bukhari.

Dengan usainya panen padi ini, kami sebagai Babinsa akan terus bekerja keras bersama PPL dalam membantu Petani untuk secepatnya akan melaksanakan penanaman kembali padi, dengan menggunakan bibit yang telah di semai pada beberapa waktu yang lalu dan saat ini sudah siap di cabut.

“Untuk pengolahan lahan, kami akan mengeluarkan hand traktor dari gudang garasi Makoramil, dalam hal ini sudah ijin secara tertulis dari Danramil 11/Wps Kapten Inf Trimo SH, selanjutnya membajak sawah bersama-sama dengan Petani”, Jelas Babinsa.

Komentar

Loading...