Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Membangun Dayah (Pesantren)

Aceh Jaya, acehportal.com - Babinsa Koramil 02/Lhok Kruet Kodim 0114/Aceh Jaya Sertu Mulyadi bersama warga desa binaan bergotong royong mendirikan Dayah/Pesantren di Gampong Kuala Ligan Kecamatan Sampoinet Kabupaten Aceh Jaya, Jumat (22/6/2018).

Bangunan dayah yang berada di lingkungan Mesjid Desa Kuala Ligan ini direncanakan akan dijadikan sebagai tempat belajar Agama Islam bagi warga setempat maupun dari desa sekitar.

Dayah yang sedang dalam tahap pembangunan ini mayoritas bermaterial kayu. Terlihat Babinsa bersama warga  bergotong royong untuk membangun dayah ini.

" Dayah merupakan sarana atau sekolah untuk mempelajari agama islam, Dayah ini kelak diharapkan akan menjadi tempat belajar warga mulai dari yang dewasa maupun anak – anak, " kata Sertu Mulyadi.

Seperti Dayah yang lain, Dayah di Desa Kuala Ligan ini akan mempelajari kitab - kitab kuning yang di tulis olah para ulama - ulama terdahulu.

“Semoga keberadaan Dayah ini akan membuat kita menjadi manusia yang beriman dan bertqwa kepada Allah SWT " lanjut Sertu Mulyadi.

Sertu Mulayadi juga menghimbau kepada warga Desa Kuala Ligan untuk mengajak keluarga maupun anak - anak agar belajar ilmu agama Islam di Dayah ini jika nanti sudah aktif.

" Mari sama - sama kita belajar di Dayah ini, ajak keluarga dan anak - anak kita, " seru Sertu Mulyadi.

Dikutip dari berbagai sumber, Dayah adalah satu-satunya lembaga pendidikan yang sudah sangat mengakar sejak Islam bertapak di Aceh pada abad pertama Hijriyah. Dimulai dari pendirian Dayah Cot Kala Langsa, kemudian lembaga dayah menyebar ke berbagai penjuru daerah bahkan sampai ke Nusantara, Malaysia dan Thailand.

Komentar

Loading...