Dandim 0105 Tinjau Kebakaran Lahan Gambut

Abar, acehportal.com - Komandan Kodim (Dandim) 0105 Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd meninjau lokasi kebakaran lahan gambut di, Desa Cot Pluh, Kecamatan Samatiga kabupaten setempat, sekaligus membantu pemadaman api di lahan tersebut. Senin (11/6/18).

Dilokasi, Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd turut didampingi oleh Danramil 09 Samatiga Kapten Inf Suryono Efendi, Kabag Ops Polres Aceh Barat, Kompol Adytia, Kapolsek Samatiga Ipda Bendi Suriyanto beserta petugas BPBD yang melakukan pemadaman.

Proses pemadaman oleh petugas BPBD turut dibantu oleh Babinsa Desa Cot Pluh, namun proses pemadaman memeiliki beberapa kendala.

Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd mengatakan, Kebakaran lahan diperkirakan mulai terjadi pada Hari Minggu Sore Akibat Kemarau dan Angin Kencang dalam beberapa hari terakhir ini karena Lahan Gambut sehingga Api cepat Menjalar dan Membesar.

Dirinya menjelaskan, api juga diperkirakan berasal dari ulah Masyarakat setempat yg ingin membersihkan Lahannya dengan cara sengaja di bakar suapaya Lahannya Bersih dari Semak Belukar.

"Sumber air yang sulit, kemudian ditambah sarana yang kurang membuat petugas sedikit kewalahan saat memadamkan api," ujarnya.

Namun, Babinsa setempat terus berupaya melakukan pemadaman meski memiliki beberapa kendala yang membuat langkah-langkahnya terhenti sementara.

"Kita akan terus berupaya mengerahkan pasukan untuk membantu pihak BPBD melakukan pemadaman sampai api benar benar padam," sebutnya.

Hingga saat ini, Babinsa dan Personel BPBD dan Polri terus berjibaku upaya melakukan pemadaman lahan gambut yang terbakar.

Komentar

Loading...