Libur Lebaran, Peserta JKN-KIS Tetap Mendapat Pelayanan Kesehatan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh Aldiana dalam konferensi pers bertema mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Bagi yang ingin mudik lebaran Idul Fitri 1439H kini tidak perlu khawatir, karena peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Sehat Indonesia (JKN-KIS) tetap akan mendapat pelayanan kesehatan dari rumah sakit yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Kemudahan Untuk peserta JKN-KIS ini mulai diberlakukan pada  tanggal 7 sampai 23 Juni 2018," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh Aldiana dalam konferensi pers bertema mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan, Banda Aceh, Senin (4/6/18).

Ia mengatakan, Bagi peserta JKN-KIS yang menjalani mudik apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperolehnya pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Namun, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) non puskesmas. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan dapat dilayani di IGD rumah sakit setempat.

"Pada keadaan kedaruratan seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penangganan pertama pada peserta JKN KIS. Peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan selama perjalanan mudik tidak dipungut biaya dari peserta,” terangnya.

Ia juga mengimbau kepada peserta JKN-KIS untuk memastikan status kepesertaan  sebab  pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta dengan status aktif, karenanya setiap peserta harus memastikan telah membayar iuran secara disiplin.

Selain itu, kata Aldiana, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang di perlukan, pihak BPJS kesehatan juga telah menyiapkan aplikasi mudik BPJS yang dapat di download gratis di perangkat Android.

"Kantor BPJS Cabang Banda Aceh akan tetap beroperasi pada tgl 11,12, 13, 14, 18,19 dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Ada pun pelayanan yang diberikan seperti pengaduan, informasi, pelayanan administrasi,  pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampai anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN, pendaftaran peserta PBI APBD bagi Pemda yang telah universal health coverage," ungkapnya.

Penulis:Dedi
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...