Pencuri Ini Pindahkan dan Kuras Uang Korbannya Hingga Puluhan Juta

Foto:Acehportal.com

Banda Aceh - Tim Opsnal Polsek Seruway menangkap seorang pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) di kawasan Dusun Bangun Rejo, Gampong Sungai Kuruk, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang, Senin (23/5/2018) lalu.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian melalui Kapolsek Seruway, Ipda M Rizal mengatakan, pencurian ini terjadi pada Jumat (12/5/2018) malam lalu, sekira pukul 20.00 WIB. Korban pun telah melaporkan hal ini hingga polisi langsung melakukan penyelidikan.

"Pelaku yang ditangkap yakni TR (26), Wiraswasta, warga Gampong Gedung Biara, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang, korbannya yakni Hendra Kurniawan (24)," ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (31/5/2018) malam.

Dijelaskannya, dari penangkapan ini polisi menyita barang bukti berupa sebuah buku rekening BRI atas nama korban, 2 buah ATM BRI, dua lembar KTP korban dan pelaku, sebuah dompet, uang tunai senilai Rp 2,7 juta dan selembar STNK.

"Selain itu, diamankan tiga unit motor berbagai jenis yang merupakan hasil tindak kriminal pelaku yakni Yamaha RX King, Honda Vario dan Honda Supra X, yang berkaitan dengan pencurian yang dilakukan," ungkap Ipda M Rizal.

Kejadian berawal saat korban hendak memberikan uang kepada istrinya dan akan mengambil dompet yang diletakkan di atas lemari. Saat itu, diketahui dompet tersebut hilang beserta isinya. Hendra pun melaporkan hal ini ke Mapolsek Seruway.

"Korban kemudian juga membuat surat kehilangan barang dan menghubungi pihak bank untuk memblokir ATM miliknya yang hilang. Saat itu diketahui dari pihak bank bahwa uang di rekening miliknya telah dipindahkan ke rekening lain dengan nama yang sama," ungkap Kapolsek.

Pihak bank kemudian menunjukkan bukti pemindahan uang korban ke rekening lainnya dan akhirnya korban mengetahui orang yang memindahkan uangnya ke rekening lain tersebut yakni tersangka TR.

"Dari penyelidikan yang dilakukan akhirnya tersangka kita tangkap. Tersangka merupakan rekan korban yang tinggal sekampung. Atas kejadian ini korban mengalami kerugian mencapai Rp 36 juta termasuk uang di rekening yang sudah digunakan pelaku setelah dipindahkan ke rekening lain," jelasnya.

Pelaku saat ini masih diamankan di Mapolsek Seruway untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut. Tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan pemberatan (Curat)

"Kasus ini masih dikembangkan, pelaku diduga beraksi tak hanya di satu tempat ini tetapi ada tempat lainnya, menurut laporan warga setempat juga aksi pelaku ini sudah sangat meresahkan, makanya kita tindak," tambah Rizal.(hfz/hfz)

Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...