Baitul Mal Aceh Buka Pendaftaran Beasiswa Tahfiz Quran

Banda Aceh - Baitul Mal Aceh (BMA) kembali membuka pendaftaran beasiswa berkelanjutan bagi siswa dan santri tahfiz Alquran se-Aceh tahun 2018. Kuota yang disediakan pada tahun ini hanya untuk 300 orang.

Bagi yang memenuhi syarat nantinya akan diberikan beasiswa sebesar Rp 700.000 setiap bulan selama dua tahun.

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani mengatakan, program tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat menghafal Quran di kalangan muda-mudi Aceh.

Selain itu juga memberi kemudahan dan meringankan beban ekonomi orang tuanya dalam membiayai pendidikan anaknya. “Seperti program-program beasiswa lainnya, syarat utama untuk calon penerima beasiswa ini harus dari keluarga kurang mampu, karena dana yang diberikan ini merupakan dana zakat,” kata Zamzami, Kamis (24/05/2018) di Banda Aceh.

Syarat selanjutnya, kata Zamzani, calon penerima harus sudah menghafal Quran minimal 10 juz penuh (tidak termasuk setoran hapalan) dan tidak sedang menerima bantuan yang sama dari lembaga lain.

Ia juga menjelaskan, penerima program beasiswa ini seluruh Aceh dan aktif dari pesantren manapun yang memiliki kurikulum/program tahfidz Quran.

Untuk program ini, tambahnya, Baitul Mal Aceh tahun 2018 menganggarkan dana sebesar Rp 2,5 miliar. Program ini sudah dimulai sejak tahun 2016. Santri yang sudah dibantu sebanyak 440 peserta.

“Program ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam melahirkan dan mendukung generasi qurani demi masa depan Aceh yang lebih baik dan islami,” tandasnya.

Calon penerima tahun ini tidak diperbolehkan peserta yang sudah menerima tahun sebelumnya. “Ini merupakan tahun kedua dibuka program ini, karena beasiswanya untuk dua tahun, maka dibuka setiap dua tahun sekali,” ujar Zamzami.

Untuk masa pendaftaran mulai dibuka sejak 24 Mei 2018 hingga 03 Juni 2018. Informasi lebih lengkap dan pengunduhan formulir pendaftaran calon peserta dapat mengunjungi situs website resmi Baitul Mal Aceh di http://baitulmal.acehprov.go. id/.

Selanjutnya formulir dapat dikembalikan ke kantor Baitul Mal Aceh di Jalan T Nyak Arief Komplek Keistimewaan Aceh sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Berikut Syarat dan Kriteria Penerima Santri Baru tahun 2018

Kriteria:

· Berasal dari keluarga miskin;

· Santri aktif pada pondok pesantren/dayah yang memiliki kurikulum/program tahfidzul Quran;

· Memiliki hafalan penuh minimal 10 juz (tidak termasuk setoran hafalan);

· Usia maksimal 20 tahun (kelahiran tahun 1998);

· Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain;

· Bukan penerima yang sama tahun lalu;

· Mengikuti mekanisme/ketentuan Baitul Mal Aceh.

Syarat Administrasi:

· Surat keterangan miskin dari geuchik;

· Surat keterangan aktif dari sekolah/dayah;

· Surat keterangan telah menghafal 10 juz

· Fotokopi KTP/kartu siswa/kartu santri;

· Fotokopi Kartu Keluarga (KK);

· Fotokopi KTP orang tua/wali;

· Pas foto warna ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar;

· Fotokopi nomor rekening Bank Aceh an. Santri;

· Mengisi formulir pendaftaran (didonwload di website resmi Baitul Mal Aceh).

Penulis:gun
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...