Babinsa Posramil Tadu Raya, Pantau Daging Jelang Meugang

Nagan Raya, acehportal.com - Menyambut hari besar keagamaan yang lebih dikenal dengan tradisi Meugang (menyembelih hewan) di Aceh, Babinsa Pos Koramil Tadu Raya Kopda Saili memantau harga daging sapi meugang hari pertama di pertigaan desa Alue Gani, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya, Senin (14/5/18).

Meugang bagi masyarakat Aceh merupakan tradisi dan budaya yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun dan harus dijaga serta dilestarikan. Tradisi ini biasa dilaksanakan dua hari menjelang bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

“Dari hasil pantauannya di lokasi harga daging sapi berkisar antara Rp 170.000 – Rp 180.000, harga rusuk Rp 80.0000 dan harga hati sapi Rp 170.000 dan harga tulang campur, Rp 10.000,” sebut Kopda Saili

Sementara itu Danposramil Tadu Raya, Pelda Zulmilansyah, kami telah memerintahkan ke Babinsa agar memantau harga Daging Meugang dan harga sembako menjelang puasa ini disetiap desa binaan masing-masing.

Terlihat para Babinsa selain memantau harga daging, juga diperintahkan untuk memantau harga sembako, memberikan rasa aman kepada masyarakat yang berbelanja keperluan menjelang ramadhan 1439 H serta memantau ada atau tidaknya penimbunan sembako yang dilakukan oleh pedagang atau distributor. “Pemantaun Babinsa dilapangan belum menemukan adanya penimbunan Sembako yang dilakukan oleh pedagang atau distributor dan kondisi wilayah pada hari meugang kondusif,” jelasnya.

Meugang bagi masyarakat khususnya Aceh merupakan tradisi dan budaya yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun dan harus dijaga serta dilestarikan, tradisi ini biasa dilaksanakan dua hari menjelang bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha. “Selamat Menunaikan ibadah Puasa ramadhan 1439 H / 2018 M”, Semoga ibadah puasa sebagai ladang amal dan pahala serta tetap bekerja guna pengabdian kita kepada bangsa dan negara,” tutupnya.

Komentar

Loading...