Politisi PSI Aceh Sesalkan Penunjukkan Sosok Baru Kadis Pendidikan

PSI Aceh, Indra P Keumala

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Politisi PSI Aceh, Indra P Keumala menyayangkan penunjukkan Syaridin sebagai Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang baru menggantikan Laisani pada Jumat (4/5) lalu.

Ia menilai, meski baru setahun menjabat Laisani telah berhasil mendongkrak citra dan kualitas pendidikan Aceh. Sebaliknya, pengangkatan Syaridin justru dikhawatirkan akan berdampak kontraproduktif terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan dan merata di seluruh aspek.

"Mestinya gubernur Aceh bisa lebih jeli melihat jejak rekam calon pembantunya. Khusus untuk sosok kepala dinas pendidikan Aceh yang baru, yaitu Syaridin, kami tidak melihat prestasi yang membanggakan saat memimpin Dinas Pendidikan Banda Aceh, selain berhasil mengkotak-kotakkan kualitas sekolah," ujar Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PSI Provinsi Aceh ini, Minggu (6/5).

Ia menambahkan, selama Syaridin menjabat sebagai kepala dinas pendidikan kota Banda Aceh justru muncul semacam sekat-sekat antara satu sekolah dengan label favorit dengab sekolah lainnya.

Parahnya lagi, sejumlah sekolah favorit di Banda Aceh seolah hanya diperuntukkan bagi orang kaya akibat kutipan dalam jumlah yang lumayan besar.

"Meski dilegalkan, pengutipan yang mengatasnamakan komite sekolah itu jelas perlu diantisipasi sehingga tidak dijadikan lahan bagi oknum tertentu mengambil manfaat pribadi. Sayangnya antisipasi ini tidak pernah dilakukan," jelas Indra.

Kendati begitu, secara keseluruhan Indra mengapresiasi kebijakan mutasi besar-besaran yang dilakukan pemerintahan Irwandi-Nova.

"Kami mengapresiasi perubahan wajah baru pada Satuan Kerja Pemerintah Aceh. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan jadwal evaluasi secara berkala, sehingga mekanisme punishment and reward dapat diterapkan baik kepada pejabat yang prestasi atau sebaliknya," tandas Indra P Keumala.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Politik

Komentar

Loading...