Wakapolda Aceh Buka Rakernis Fungsi Baharkam Jajaran Polda Aceh

Wakapolda Aceh Buka Rakernis Fungsi Baharkam Jajaran Polda Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Wakapolda Aceh, Brigjen Pol  Supriyanto Tarah mewakili Kapolda membuka rakernis fungsi Baharkam jajaran Polda Aceh tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula Serbaguna, Mapolda Aceh, Banda Aceh, Kamis(3/5/2018).

Dalam kegiatan itu, turut hadir Irwasda beserta para pejabat utama dan peserta rakernis para Kasat Binmas, Kasat Sabhara, Kasat Polair, Kaurmin Sat Sabhara dan perwakilan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Aceh.

Dalam sambutan tertulis Kapolda yang dibacakan Wakapolda menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Dit Binmas, Dit Sabhara dan Dit Polair sebagai pengemban fungsi pemeliharaan keamanan atas kerja keras, dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan selama ini dalam menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat guna menjamin tegaknya hukum dan keamanan dalam negeri di Provinsi Aceh.

Perlu kita pahami bersama tantangan tugas dan permasalahan kamtibmas yang dihadapi oleh Polri akan terus berkembang, semakin kompleks dan dinamis," ujar Wakapolda.

Pelaksanaan rakernis fungsi pemeliharaan keamanan Polda Aceh dan jajaran ini merupakan momentum yang sangat tepat bagi Dit Binmas, Dit Sabhara dan Dit Polair untuk melakukan pengkajian dan evaluasi terhadap setiap permasalahan dan hambatan di bidang pembinaan maupun operasional.

"Serta meningkatkan peran fungsi preemtif dan preventif dalam pelaksanaan tugas polri menuju Polri yang profesional, modern dan terpercaya dan amanah undang-undang," katanya.

Rakernis ini, lanjutnya, juga memiliki makna yang strategis karena dilaksanakan bersamaan dengan kesiapan kita dalam menghadapi agenda penting nasional pengamanan pilkada serentak 2018 dan tahapan pemilu 2019 yang pentahapannya sudah berjalan.

"Disamping itu, juga terdapat permasalahan kamtibmas yang saat ini menjadi sorotan yaitu terkait dengan penanganan konflik sosial dan pengamanan serta pengawasan terhadap kebijakan pemerintah terutama berkaitan dengan pengelolaan dana desa dan penerapan BBM satu harga," ungkapnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan keterpaduan serta kerja sama dengan berbagai pihak dalam merumuskan pola pikir dan pola tindak yang inovatif, efesien dan efektif untuk meningkatkan kerja sama serta networking dengan berbagai komunitas masyarakat dalam wadah kemitraan melalui program sinergi polisional proaktif guna mengeleminir berbagai potensi konflik dan mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Demikian pula dengan kesiapan pengamanan pilkada serentak 2018 dan tahapan Pemilu 2019, yang pada setiap tahapannya memiliki potensi kerawanan yang perlu diantisipasi sedini mungkin oleh Polri bersama stakeholders lainnya sehingga sinergitas para pihak sangatlah diperlukan agar berbagai potensi kerawanan tersebut dapat dieliminir sedini mungkin," ungkap Wakapolda.

Dalam kegiatan yang bertema "Baharkam Jajaran Polda Aceh yang Promoter siap mengamankan Pilkada serentak 2018 dan tahapan pemilu 2019 guna mendukung pembangunan nasional" ini juga untuk menindaklanjuti dari hasil pelaksanaan rakernis Baharkam Polri tahun 2018 pada bulan Januari lalu.

"Rakernis ini juga merupakan sarana untuk melakukan konsolidasi fungsi-fungsi pemeliharaan keamanan Polda Aceh guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam menghadapi agenda pengamanan tahapan pilkada dan pemilu 2019 serta pengamanan kebijakan pemerintah," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...