TMMD Ditutup, KASAD Pesan Pelihara Jalan yang Dibangun

Kutacane, acehportal.com – Ratusan masyarakat di Kecamatan Tanoh Alas dan sekitarnya,  berdatangan ke lapangan terbuka tepatnya di Desa Titi Mas untuk menyaksikan acara penutupan TMMD yang diwarnai dengan pemberian bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat Kecamatan Tanoh Alas dan Kecamatan Babulmakmur serta pemberian Bantuan Sarana Olahraga Bola Volly dan penyerahan tropi kepada pemenang lomba karya tulis dan foto dalam rangkaian kegiatan TMMD Imbamgan ke-101 TA.2018 Kodim 0108/Agara yang tengah digelar sejak 30 hari lalu. Kamis (3/5)

Dalam sambutannya, Pa Ahli Kodam IM Bidang Manajemen Sishanneg (Plh. Danrem 011/LW)  Kolonel Inf Purmanto selaku Inspektur upacara menyampaikan pada acara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 101 mengatakan, ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Daerah dan Kemendikbud RI serta berbagai pihak maupun seluruh komponen lainnya yang telah mendukung terlaksananya program TMMD secara totalitas.

Berlanjut Kol Purmanto, Kemanunggalan TNI-Rakyat membangun desa hari ini secara serentak di 50 wilayah di seluruh tanah air telah ditutup, “Semoga tekad dan itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan TMMD ini dapat terganjar dengan kebahagian masyarakat yang ada di sekitar kita,”terangnya.

Selain itu, ditengah membacakan amanat Kasad, inspektur upacara ini juga menyampaikan harapan agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter bangsa khususnya generasi muda, karena output tersebut diharapkan akan mendorong outcome yang sangat berharga yaitu generasi muda yang kompetitif dan kemandirian Bangsa.

“Saat ini kita tengah memasuki era Revolusi Industri Generasi Ke-4, dimana Teknologi Digital telah menjadi tulang punggung dalam berbagai aktivitas masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi, sosial masyarakat maupun pemerintah, demikian juga halnya dalam konteks pertahanan, Diseminasi teknologi dan mitigasi resiko global telah berhasil menggeser hakekat ancaman dan paradigma dari perang konvensional menjadi perang yang kompleks dan tidak terbatas, Perang yang juga dikenal sebagai unrestricted war ini, strategi dan taktiknya tidak hanya menggunakan kekuatan militer, namun juga kekuatan non militer seperti Ipoleksosbud dan Teknologi, untuk menghadapi situasi ini tentu kita harus memiliki sistem pertahanan Negara yang terintegratif baik dari aspek militer maupun non militer secara efektif yang dapat menjaga keseimbangan antara pembangunan kesejahteraan nasional dan pertahanan keamanan negara,  Sesungguhnya jika kita telaah dengan cermat maka sistem pertahanan terintegratif yang dimaksud salah satu diantaranya, dilakukan melalui program TMMD yang sasarannya tidak hanya pembangunan kekuatan wilayah pertahanan yang tangguh, namun juga pembangunan fisik dan non fisik dalam mengakselerasi upaya pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat,” kata Inspektur upacara.

Selain itu, Plh. Danrem 011/LW,  Kolonel Inf. Purmanto juga menyampaikan bahwa, kerja keras di 50 wilayah sasaran TMMD telah memberikan hasil yang signifikan dan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. “Mengingat urgensi dan manfaat yang telah dirasakan, maka mulai bulan Juli nanti TNI AD akan kembali melanjutkan program TMMD diberbagai daerah, kegiatan TMMD ini akan dilaksanakan bersinergi dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI,”akhirnya didepan ratusan masyarakat dan peserta upacara. Sementara itu, .Dandim 0108/Agara. Letkol Kav Joni Hariadi, SE, MT.Opsla menyampaikan bahwa melalui TMMD imbangan ke-101 di Kabupaten Aceh Tenggara, berbagai kegiatan telah dilakukan dan mencapai hasil seratus persen, seperti halnya Pembukaan Jalan sepanjang 6.725 meter, pemasangan Gorong-gorong diameter 100 Cm sebanyak 3 titik, pembuatan Jembatan Darurat 1 unit, dan selain itu juga telah dilakukan kegiatan non fisik.

Seperti halnya, sosialisasi KB kesehatan masyarakat dan pengobatan gratis dilaksanakan di Desa Rumah Luar, Penyuluhan hukum dan narkoba, penyuluhan komponen cadangan dan komponen pendukung, ceramah agama, wisata Matematika bagi siswa, penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan, penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan serta berbagai kegiatan lainnya.

Sebelum melakukan peninjauan langsung kelokasi dilaksanakannya TMMD, Inspektur Upacara Kolonel Inf. Purmanto beserta Wakil Bupati Aceh Tenggara, Bukhari, Anggota DPR-RI H M Salim Fakhri menyerahkan penghargaan kepada Pemenang Lomba Foto Tingkat Siswa, Lomba Foto Tingkat Umum, Lomba Karya Tulis Tingkat Siswa dan Lomba Karya Tulis Tingkat Umum yang diselenggarakan oleh Kodim 0108/Agara.

Dalam hal ini, Plh. Danrem 011/LW, Kolonel Inf Purmanto didampingi oleh FORKOPIMDA Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) secara langsung menyerahkan tropi serta sertifikat penghargaan kepada pemenang lomba jurnalis karya tulis dan foto serta piagam pemberitaan kepada wartawan Harian SIB dan Analisa yang mengikuti perkembangan TMMD di Kab. Agara.

Selain itu, diakhir upacara juga diwarnai dengan pemberian bantuan sarana Olahraga Bola Volly kepada perwakilan Ketua Pemuda untuk Kecamatan Tanoh Alas dan Babul Rahmah Aceh Tenggara oleh Kababin Minvetcad Dam IM An. Kolonel Kav Agung Ngurah Sugiharto.

Serta diakhiri dengan penyerahan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat di dua kecamatan sebagai lokasi dilaksanakannya TMMD, dan acara ditutup dengan hiburan tradisional dan pemantauan langsung lokasi fisik pembangunan TMMD.

Komentar

Loading...