BKIPM Aceh Sosialisasi Peraturan Perkarantinaan Ikan dan Mutu di Timur Aceh

BKIPM Aceh Sosialisasi Peraturan Perkarantinaan Ikan dan Mutu di Timur Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kepala BKIPM Aceh, Diky Agung Setiawan melakukan road show sosialisasi peraturan perkarantinaan ikan dan mutu hasil perikanan di tiga kabupaten, yakni Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang mulai Kamis (3/4/2018) kemarin hingga Sabtu (5/5/2018) besok.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat Aceh, terkait pentingnya gerakan masyarakat yang sadar mutu dan karantina ikan.

"Dimana seluruh produk perikanan yang akan keluar dari propinsi Aceh wajib disertifikasi oleh petugas karantina ikan sehingga terjamin mutu dan kesehatannya," ujarnya Jumat (4/5/2018).

Diky menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk mensosialisasikan bahwa di Langsa telah di buka Pos Wilayah Kerja BKIPM Aceh, sehingga mempermudah pelayanan bagi pengguna jasa karantina ikan dan mutu hasil perikanan di wilayah Aceh Timur dan sekitarnya untuk melakukan sertifikasi kesehatan ikan sehingga tidak perlu jauh-jauh mengurus ke Banda Aceh.

"Pembukaan pos wilayah kerja di Langsa juga demi mendukung terwujudnya kedaulatan perikanan di Aceh sehingga seluruh produk perikanan yang dilalulintaskan keluar Aceh bisa terdata dengan baik dan menghasilkan PNBP bagi negara yang akan bermanfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat Aceh," jelasnya. L

Hasil perikanan Aceh yang keluar melalui pintu Langsa ke Sumatera Utara dan sekitarnya, lanjut Diky, ditaksir mencapai 20 hingga 40 ton setiap malamnya. Namun, hingga saat ini tidak ada data yang akurat terkait lalulintas produksi perikanan dari Aceh.

"Apabila sudah berjalan masyarakat selalu melaporkan lalulintas komoditi perikanan kepada petugas karantina ikan di Langsa, maka BKIPM akan memiliki data yang akurat yang bisa digunakan semua pihak yang berkepentingan terkait data lalulintas perikanan Aceh," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...