Sempat Hanyut Dibawa Banjir, Padi di Lokasi Cetak Sawah Baru Trumon Berhasil Panen

Aceh Selatan, acehportal.com – Kodim 0107/Aceh Selatan kembali melakukan panen padi di lokasi cetak sawah baru, Desa Ujung Tanoh, Kecamatan Trumon, Rabu (2/5/18).

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Danramil 09/Trumon Kapten Inf M. Nasir, Camat Trumon diwakili oleh Kasi Densos Saprizal, Kapolsek Trumon diwakili oleh Bripka Yosep, Mantri tani Trumom Asnawi, PPL Trumon Saipul, Ketua Kelompok Tani M. Isa berserta anggotanya dan sejumlah Babinsa serta masyarakat Trumon.

Berdasarkan data yang diperoleh, program cetak sawah baru yang berlokasi di wilayah Trumon memilik luas lahan 10,7 hektar, luas tanam 10,7 hektar dan luas panen sebanyak 5 hektar.

Saat dikonfirmasi awak media melalui telpon selular, Danramil 09/Trumon Kapten M. Nasir mengaku selama proses penananam padi sempat mengalami kendala. Bencana banjir sebanyak 2 kali menyapu bersih tanaman padi.

“Awalnya kita tanam padi seluas 10,7 hektar, namun saat terjadi banjir semua disapu bersih. Lalu kita tanam lagi dan mengalami hal serupa, akhirnya kita hanya memiliki luas panen sebanyak 5 hektar,” terangnya.

Meskipun demikian, melihat kondisi padi yang dipanen hari ini mendapat hasil yang memuaskan.

“Insya Allah kerja keras kita selama ini mendapatkan hasil yang sangat luar biasa dibandingkan dengan kendala yang dihadapi. Bisa kita lihat dari perkembangan padi yang tumbuh,” kata Danramil.

Danramil juga berharap hasil yang di dapatkan nantinya bisa dimanfaatkan dan berguna untuk menopang perekonomian masyarakat.

“Memang sempat kecewa akan tetapi Itu faktor alam. Petani bisa memanfaatkan hasil yang ada,” sebutnya lagi.

Ia menghimbau sekaligus mengajak para petani untuk lebih giat dan lebih semangat lagi dalam bercocok tanam.

“Para petani untuk lebih semangat lagi, kita berharap kedepannya pemerintah akan membuat program – program cetak sawah baru lagi, sehingga di Trumon ini memiliki lahan sawah yang luas” pesan Danramil.

Ditempat berbeda, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto menyampaikan terimaksih kepada pemerintah Kecamatan Trumon dan masyarakat yang telah mensukseskan kegiatan program cetak sawah baru.

“Terimakasih sudah bersinergi mendukung program cetak sawah ini, mari sama – sama kita sukses kan program swasembada pangan untuk mencapai target nasional,” ucap Dandim.

Sementara, Asnawi selaku Mantri tani juga berterimaksih kepada pemerintah khususnya kepada Kodim 0107/Aceh Selatan yang telah membantu para petani di Kecamatan Trumon.

“Dengan program perluasan cetak sawah baru di tempat kami, banyak sekali membantu masyarakat sehingga kami dapat menikmati hasil padi yang sangat luar biasa,” demikian pungkas Asnawi.

Komentar

Loading...