Komisi V DPR Aceh: Banyak Sekolah Masih Kekurangan Komputer Dapat Menghambat UNBK

HJ Nurlelawati

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), HJ Nurlelawati mengungkapkan banyak sekolah di Aceh Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat kekurangan komputer belajar salah satunya di Kabupaten Pidie.

Hal tersebut dijumpainya saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Pidie.

Dalam peninjauan itu rombongan anggota Komisi V DPRA, terdiri dari HJ Nurlailawati, Siti Nahziah dan Siti Hawa staf dari Komisi V DPRA di dampingi langsung Kepala PPMG Wilayah II Disdik Aceh Drs Muslim Mahmud, MM. Dalam kegiatan itu, rombongan Komisi V DPRA mengunjungi dua beberapa sekolah. Antara lain, SMA Negeri Unggul Sigli, SMA Negeri 1 Delima, MAN 5 Pidie, dan SMAN 1 Dalima.

Kunjungan kerja ini bagian dari upaya komisi V DPRA untuk melihat secara langsung apa yang menjadi kendala selama ujian, dan hal – hal lain yang perlu dibenahi untuk menunjang proses belajar mengajar kedepannya.

Artinya di sekolah itu perlu segera dilakukan peremajaan terhadap unit komputer. Begitupun pihak sekolah itu, juga meminta ditambahkan unit komputer menyusul jumlah siswa peserta UNBK dengan unit komputer jauh tidak sebanding sehingga perlu dilakukan penambahan unit.

Serupa juga terjadi di SMAN 1 Delima, di sekolah ini selain minim komputer, pada ruang Lab komputernya tidak ada pendingin AC, sehingga peralatan komputer yang ada tidak tahan panas yang menyebabkan komputer sering down dengan sendirinya. Parahnya lagi di MAN 5 Pidie Delima, disekolah tersebut hanya terdapat 10 unit komputer sementara peserta UN berjumlah 120 siswa.

Namun hal itu dapat diatasi oleh pihak sekolah dengan meminjamkan laptop dan komputer dari siswa dan masyarakat. “ Artinya antusias dan dukungan masyarakat terhadap dunia pendidikan, ini sangat antusias dan kita perlu memberi semacam reaward kepada masyarakat kita yang mendukung pendidikan di Aceh” kata HJ Nurlelawati.

Penulis:redaksi
Rubrik:DPRAExt

Komentar

Loading...