Ops Patuh Rencong 2018 Dimulai

Ops Patuh Rencong 2018 Dimulai

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Polda Aceh melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Rencong 2018 di Lapangan Mapolda Aceh, Kamis (26/4/2018). Apel ini dilaksanakan dengan tanda penyematan pita Ops Patuh Rencong kepada perwakilan personel yang dilakukan Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak diwakili Karo Rena, Kombes Pol Heri Purwanto.

Dalam amanat Kakor Lantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa yang dibacakan disebutkan, moderenisasi perlu diikuti inovasi dan kinerja Polri, khususnya polantas sehingga dapat mengantisipasi segala dampak yang timbul dari moderenisasi transportasi, sehingga polantas terus berupaya melaksanakan program prioritas Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, yakni Promoter.

“Berdasarkan Program decade of action for road safety 2011-2020 (dekade aksi keselamatan jalan) yang dicanangkan oleh PBB yang bertujuan mengurangi korban meninggal dunia pada tahun 2020 mendatang sebesar 50 persen, para penyelenggara sistem yang terpadu yang tertuang dalam rencana umum nasional keselamatan melalui 5 pilar antara lain, yang pertama manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan korban pasca kecelakaan,” ujarnya.

Menurut laporan yang dibacakan, data jumlah kecelakaan lalu lintas Operasi Patuh tahun lalu yakni sebanyak 2.203 kasus yang mengalami penurunan 239 kejadian atau (13 persen) dibanding periode yang sama tahun 2016 lalu yakni sebanyak 2.542 kasus, korban meninggal dunia sebanyak 420 orang yang mengalami peningkatan sebanyak 8 orang (2 persen) dibandingkan periode tahun 2016 sebanyak 412 orang.

“Sedangkan jumlah korban luka berat sebanyak 407 orang, mengalami penurunan sebanyak 217 orang (-44 persen) dibandingkan periode yang sama tahun 2016 sebanyak 724 orang,” ungkap Karo Rena.

Dirinya juga mengucapkan selamat melaksanakan tugas bagi anda yang terlibat dalam Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Patuh Rencong 2018 kepada pasukan yang mengikuti apel tersebut.

Sementara, Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Hendro Wahyudin mengatakan, operasi Patuh ini dilaksanakan serentak di Indonesia selama 14 hari kedepan sejak 26 April hingga 9 Mei 2018 mendatang.

"Kita melakukan penegakan hukum, yang sasarannya khususnya bagi pengendara kendaraan seperti yang menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, pengendara yang bermuatan lebih (overload), tidak menggunakan helm bagi pengendara roda dua, mabuk atau menggunakan narkotika saat berkendara, kebut-kebutan dan melawan arus serta lainnya," jelas Dir Lantas.

Ia menjelaskan, hal ini juga dilakukan untuk mewujudkan atau menekan angka kecelakaan lalu lintas, khususnya di Aceh. Dirinya berharap, kegiatan ini juga dapat mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) dalam berlalu lintas. "Ini juga bagian dari cipta kondisi hingga menjelang puasa (bulan Ramadhan) dan lebaran nanti," tambah Kombes Pol Hendro Wahyudin.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...